Kegiatan Pembelajaran 2:
Proses Komunikasi
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari Menerapkan
proses komunikasi bisnis, peserta mampu
menjelaskan proses komunikasi dan dapat dirumuskan dalam gambar, menyebutkan
langkah-langkah prosese komunikasi
dengan benar, memahamai penyebab
keberhasilan dan penghambat dari komunikasi dengan teliti dan
bertanggung jawab.
B.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. menjelaskan
pengertian proses komunikasi
2. menjelaskan
langkah-langkah proses komunikasi
3. mengklasifikasi
macam-macam proses komunikasi
4. mendeskripsikan
faktor penyebab keberhasilan dan penghambat dari komunikasi
C.
Uraian
Materi
1.
Pengertian
proses komunikasi
proses komunikasi adalah langkah-langkah pertukaran
informasi/pesan dari komunikator kepada komunikans dengan menggunakan media
dalam mencapai satu pengertian
perhatikan bagan dari
proses komunikasi berikut:
..................................
........................
2.
Langkah-langkah Proses komunikasi
langkah-langkah
proses komunikasi adalah sebagai berikut:
a. komunikator
menyampaikan pesan atau informasi kepada komunikan
b. komunikator
membuat atau menyusun sandi-sandi (encoding)
untuk menyatakan maksud dalam bentuk kata-kata atau lambang-lambang
(gambar, gerakan, warna, bahasa sandi, atau tulisan) sebagai pesan
c.
kata-kata atau lambang-lambang tersebut
disalurkan melalui media
d. komunikasi
menguraikan atau menafsirkan lambang-lambang ( decoding) yang dikirimkan oleh
komunikator sehingga mempunyai makna atau arti
e. komunikasi
memberi respon/tanggapan (feedback) terhadap informasi yang diberikan oleh
kamunikator dapat menganalisis apakah pesan yang disampaikan sesuai dengan apa
yang dimaksud oleh komunikator, karena dalam proses komunikasi dapat terjadi
hambatan-hambatan
3.
Macam-macam
proses komunikasi
macam-macam
proses komunikasi dapat diuraikan sebagai berikut....
a. komunikasi
satu arah ( one way commucation)
komunikasi satu arah adalah komunikasi yang berlangsung dari
satu pihak saja, yaitu hanya dari pihak
komunikator ( pengirim pesan) saja, dengan tidak memberi kesempatan kepada
komunikan ( penerima pesan) untuk memberikan respon /tanggapan.
Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi satu arah lebih
bersifat persuasif, sehingga komunikasi
ini juga sering disebut dengan komunikasi persuasif.
contoh : atasan memberikan perintah kepada pawa bahawannya,
pemasangan baliho, atau papan reklame dipinggir jalan
Keuntungan dari komunikasi satu arah, antara lain :
1)
lebih cepat dan efisien
2)
dalam hal-hal tertentu dapat memberikan
kepuasan kepada komunikator, karena pihak komunikan tidak ada kesempatan untuk
memberikan reaksi atau tanggapan atas apa yang disamapikan oleh komunikator.
3)
dapat menjaga wibawa komunikator (
pimpinan), karena komunikan tidak dapat mengetahui secara langsung atau menilai
terhadap kesalahan-kesalahan dan kelemahan komunikator
Kelemahan dari komunikasi satu arah,
antara lain:
1)
tidak memberikan kepuasan kepada komunikan,
karena komunikan tidak mempunyai kesempatan untuk memberikan tanggapan atau
reaksi
2)
memberikan kesan otoriter kepada komunikator
3)
dapat menimbulkan kesalahpahaman dan
ketidakjelasan, sehingga dapat menimbulkan prasangka yang tidak baik.
b. Komunikasi
dua arah ( two ways communication)
komunikasi dua arah adalah komunikasi yang berlangsung antara
dua pihak dan disertai timbal balik, baik dari pihak komunikator maupun dari
pihak komunikan.
komunikasi dua arah dapat terjadi secara vertikal, horizontal
atau diagonal
1)
komunikasi vertikal adalah komunikasi yang
berlangsung dari atas ke bawah atau dari bawah keatas. pada sebuah perusahaan,
komunikasi yang terjadi adalah komunikasi yang berlangsung antara manajemen
tingkat atas, menengah, sampai dengan karyawan. contoh komunikasi yang
berlangsung antara pimpinan dengan stafnya di sebuah kantor
2)
komunikasi horizontal adalah komunikasi yang
berlangsung antara komunikator dan
komunikan yang mempunyai tingkat, kedudukan dan wewenang yang sama. contoh
komunikasi antar karyawan yang berada pada satu level atau satu tingkat.
3)
komunikasi diagonal adalah komunikasi yang
berlangsung antara komunikator dan komunikan yang tingkat,kedudukan, bagian
serta wewenangnya tidak sama. contoh manajer
pemasaran berdiskusi tentang perancangan iklan produk dengan staf humas
perusahaan.
4.
Faktor- faktor Komunikasi
dalam kegiatan komunikasi
ada faktor-faktor yang dapat menunjang keberhasilan proses komunikasi, namun
ada juga faktor-faktor penghambat keberhasilan proses komunikasi
1. Faktor-
faktor keberhasilan komunikasi
keberhasilan dalam proses
komunikasi sanagt dipengaruhi oleh kecakapan komunikator. dalam pelaksanaan
pengiriman dan komunikan dalam penerimaan berita dan pesan. faktor-faktor
penunjang keberhasilan komunikasi, yaitu sebagai berikut:
a. faktor
penunjang keberhasilan komunikasi dilihat dari sudut komunikator adalah:
1) kecakapan
komunikator
seorang komunikator dapat
menguasai cara-cara menyampaikan ide/gagasan/pikiran baik secara lisan atau
tertulis, pandai memilih laambang-lambang komunikasi yang akan digunakan, cakap
dalam memmbangkitkan minat dan mampu menatik perhatian komunikan.
2) sikap
komunikator
seoarng komunikator dalam
menyampaikan informasi harus tegas, terbuka, simpatik, dan rendah hati untuk
membangkitkan kepercayaan dari komunikan
3) pengetahuan
komunikator yang mempunyai wawasan atau pengetahuan yang luas akaan lebih mudah
dalam menyampaikan ide/gagasan/pikirannya kepada komunikan.
4) keadaan
fisik komunikator
seorang komunikator yang
memiliki suara yang jelas, tidak gagap dan mantap dalam menyampaikan informasi
akan lebih mudah dipahami oleh komunikan.
5) sistem
sosial
seorang komunikan harus
mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi masyarakat dimanapun dia
berbicara. dengan demikian, komunikator akan mampu memahami dengan siapa dia
berbicara dan bagimana kebiasaannya.
b. Faktor penunjang keberhasilan dilihat dari
sudut komunikan
1) kecakapan komunikan
seorang komuniakn harus
mempunyai kecakapan dalam mendengarkan, memahami dan menaggapi pembicaraan agar
tujuan komunikasi dapat dicapai
2) sikap
komunikan
seorang komunikan harus
memiliki sikap perhatian dan simpatik dalam mendengarkan informasi dari
komunikator
3) pengetahuan
komunikan
komunikan yang
memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas akan lebih cepat mengerti dan
memahami informasi yang disampaikan oleh komunikator
4) keadaan
fisik komunikan
keadaan fisik komunikan
akan mempengaruhi kelancaran dan penerimaan informasi serperti kondisi
pendengaran, penglihatan atau indra lainnya.
5) sistem
sosial
komunikan harus memahami
dengan siapa dia berbicara ( pimpinan, rekan kerja, atau orang lainnya),
memahami materi apa yang dibicarakan serta mampu menyesuaikan diri dengan
komunikator
Menurut
Scoot M. Cutlip, Allen H. Center dan Glen M Broom dalam buku Effectif Public
Relations, dijelaskan komunikasi dapat berlangsung secara efektif dengan
memperhatikan tujuh faktor komunikasi ( The Seven C’s of Communicatoin) yaitu
sebagai berikut:
1. kepercayaan
( Credibility)
dalam kegiatan komunikasi,
antara komunikator dan komunikan harus saling percaya untuk mendapatkan satu
pengertian
2. perhubungan/pertalian
( context)
keberhasilan proses
komunikasi berhubungan erat dengan situasi dan kondisi lingkungan pada saat
komunikasi berlangsung
3. kepuasan
( Content)
komunikasi harus dapat
menimbulkan kepuasan bagi kedua belah pihak, baik pihak komunkator maupun
komunikan. kepausan ini akan tercapai apabila isi berita dapat dimengerti oleh
pihak komunikan, dan sebaliknya pihak komunikan bersedia memberikan reaksi atau
respon/tanggapan kepada pihak komunikator
4. Kejelasan
( Clarity)
proses komunikasi harus
mengandung kejelasan yang meliputi kejelasan isi berita, kejelasan tujuan yang
hendak dicapai, dan kejelasan istilah-istilah yang digunakan dalam menggunakan
lambang-lambang.
5. Kesinambungan
dan konsiistensi ( Continuity and consistency)
proses komunikasi harus
dilakukan secara terus menerus, dan informasi yang disampaikan tidak boleh
bertentangan dengan informasi terdahulu ( konsisten)
6. kemampuan
pihak penerima berita ( capaciity of audience)
pengirim berita atau pesan
harus disesuaikan dengan kemampuan dan pengetahuan pihak komunikan, hindari
penggunaan istilah-istilah yang tidak dimengerti oleh komunikan.
7. saluran
pengiriman berita ( channels of distribution)
untuk saluran komunikasi
dapat digunakan media yang sudah dikenal oleh umum agar proses komunikasi
berhasil. misalnya melalui media cetak ( seperti buletin, majalah dan koran)
atau melalui media ellektronik ( seperti radio, televisi atau telepon)
2. Faktor-
faktor Penghambat keberhasilan komunikasi
faktor-faktor yang dapat
menghambat proses komunikasi sebagai berikut:
a. kurang
cakap
komunikator yang kurang
cakap menyampaikan pesan atau komunikan yang kurang cakap dalam mendengarkan
pesan yang disampaikan oleh komunikator akan menghambat proses komunikasi.
cara mengatasinya adalah
komunikator harus banyak belajar dan berlatih untuk berbicara serta menulis,
baik secara teori maupun praktik. seorang komunikan juga harus belajar
mendengarkan dan memahami apa yang akan disampaikan oleh komunikator
b. sikap yang kurang tepat
sikap komunikator dan komunikan yang kurang baik seperti meremehkan
lawan bicara, kurang simpatik dan kurang memperhatikan lawan bicara akan
menghambat proses komunikasi.
cara mengatasinya adalah antara komunikator dan komunikan harus dapat terjalin sikap yang kooperatif, simpatik, dan
penuh perhatian sehingga tujuan proses komunikasi dapat tercapai.
c. kurang pengetahuan
komunikator yang kurang pengetahuan dalam
menyampaikan pesan akan terlihat tidak
menguasai materi pembicaraan. begitu
pula komunikan kurang memeiliki pengetahuan akan sulit menerima informasi dari
komunikator, sehingga akan menghambat proses komunikasi
cara mengatasinya adalah komunikator dalam menyamapikan informasi
harus disesuaikan dengan pengetahuan komunikan, sehingga komunikan mengerti apa
yang disampaikan oleh komunikator
d. kurang memahami sistem sosial
komunikator dan komunikan
yang kurang memahami sistem sosial, baik secara formal maupun informal dapat
menghambat proses komunikais. untuk mengatasinya kedua belah pihak harus
memahami kebiasaaan lawan biacara dan menyesuaikan diri
e. Prasangka yang tidak beralasan
komunikator yang bersikap curiga kepada
komunikan atau sebaliknya, akan menghambat kelancaran proses komunikasi.
cara
mengatasinya adalah tumbuhkan
sikap saling percaya antara komunikator dan komunikan
f. kesalahan bahasa/semantik
penggunaan bahasa yang
memiliki arti ganda akan menimbulkan penafsiran yang berbeda antara komunikator
dan komunikan, sehingga terjadi kesalahapahaman yang dapat menghambat proses
komunikasi.
cara mengatasinya, adalah
pergunaka istilah bahasa yang tidak memiliki arti ganda
g. jarak fisik
komunikator dan komunikan yang terpisahkan
oleh jarak yang berjauhan, misalnya
antarkota atau antar negara, akan mengakibatkan komunikasi menjadi tidak lancar
dan efisien.
cara mengatasinya, yaitu dengan menggunakan media komunikasi
seperti telepon, faxmili atau e-mail
h. Indra yang rusak
komunikator atau komunikan yang memiliki
indra yang tidak sehat dapat
menghambat proses komunikasi.
i. verbalitas
komunikasi yang hanya berupa kata-kata saja
akan sangat membosankan dan dapat mengaburkan isi serta tujuan komunikasi.
cara mengatasinya adalah dengan menggunakan
alat peraga seperti seperti chart/bagan/gambar atau media LCD proyektor
j. komunikator satu arah
komunikator yang berbicara
terus dari awal samapi akhir dan tidak memberikan kesempatan untuk bertanya
kepada komunikan, tidak akan tahu apakah tujuan komunikasi sudah tercapai atau
blum.
cara mengatasinya adalah
libatkan komunikan dalam proses komunikasi sehingga terjadi timbal balik dalam
proses komunikasi
k. Latar belakang
Latar belakang yang berbeda antara komunikator dan komunikan, baik
dari segi pendidikan status sosial, hobi atau lainnya, akan mengakibatkan
komunikasi tidak lancar.
Latihan Soal
1.
langkah-langkah pertukaran informasi/pesan
dari komunikator kepada komunikans dengan menggunakan media dalam mencapai satu
pengertian
adalah...
A.
komunikator
B.
proses komunikasi
C.
respon
D.
komunikasi
E.
komunikan
2.
komunikator membuat atau menyusun
sandi-sandi untuk menyatakan maksud
dalam bentuk kata-kata atau lambang-lambang (gambar, gerakan, warna, bahasa
sandi, atau tulisan) sebagai pesan. proses ini disebut...
A.
encoding
B.
decoding
C.
lambang-lambang
D.
komunikan
E.
komunikasi
3.
komunikasi menguraikan atau menafsirkan lambang-lambang
( decoding) yang dikirimkan oleh komunikator sehingga mempunyai makna atau arti
A.
encoding
B.
decoding
C.
lambang-lambang
D.
komunikan
E.
komunikasi
4.
komunikasi memberi respon/tanggapan terhadap
informasi yang diberikan oleh kamunikator dapat menganalisis apakah pesan yang
disampaikan sesuai dengan apa yang dimaksud oleh komunikator, karena dalam
proses komunikasi dapat terjadi hambatan-hambatan
A.
sender
B.
encoding
C.
decoding
D.
feedback
E.
noise
5.
komunikasi yang berlangsung dari satu pihak
saja, yaitu hanya dari pihak komunikator
( pengirim pesan) saja, dengan tidak memberi kesempatan kepada komunikan (
penerima pesan) untuk memberikan respon /tanggapan.
A. komunikator
B. komunikasi
C. komunikasi
satu arah
D. komunikasi
dua arah
E. komunikasi
segala arah
6.
kelebihan komunikasi satu arah adalah...
A.
memberikan kepuasan kepada komunikator,
karena pihak komunikan tidak ada kesempatan untuk memberikan reaksi atau
tanggapan atas apa yang disamapikan oleh komunikator.
B.
tidak memberikan kepuasan kepada komunikan,
karena komunikan tidak mempunyai kesempatan untuk memberikan tanggapan atau
reaksi
C.
memberikan kesan otoriter kepada komunikator
D.
dapat menimbulkan kesalahpahaman dan
ketidakjelasan, sehingga dapat menimbulkan prasangka yang tidak baik.
E.
membosankan
7.
komunikasi vertikal, horizontal dan diagonal
termasuk dalam...
A. komunikasi
satu arah
B. komunikasi
dua arah
C. komunikasi
segala arah
D. komunikasi
informal
E. komunikasi
formal
8.
komunikasi yang berlangsung antara komunikator dan komunikan yang
mempunyai tingkat, kedudukan dan wewenang yang sama. contoh komunikasi antar
karyawan yang berada pada satu level atau satu tingkat.
A. komunikasi
digital
B. komunikasi
vertikal
C. komunikasi
hariozontal
D. komunikasi
diagonal
E. komunikasi
formal
9.
komunikasi yang berlangsung antara
komunikator dan komunikan yang tingkat,kedudukan, bagian serta wewenangnya
tidak sama. contoh manajer pemasaran
berdiskusi tentang perancangan iklan produk dengan staf humas perusahaan
A. komunikasi
digital
B. komunikasi
vertikal
C. komunikasi
hariozontal
D. komunikasi
diagonal
E. komunikasi
segala arah
10.
proses komunikasi harus dilakukan terus
menerus dan informasi yang disampaikan tidak boleh bertentangan dengan
informasi terdahulu. Pernyataan ini merupakan salah satu faktor komunikasi
berupa....
A. kesinambungan
dan konsisten
B. kepuasan
C. kepercayaan
D. perhubungan/
pertalian
E. kejelasan
11.
salah satu faktor penunjang keberhasilan
komunikasi dilihat dari sudut komunikator adalah...
A. jarak
fisik
B. verbalistis
C. kesalahan
semantik
D. latar
belakang
E. pengetahuan
komunikator
12.
komunikasi yang terjadi diantara para
anggota organisasi yang secara tegas telah direncanakan dan ditentukan baik
dalam struktur organisasi maupun dalam ketentuan-ketentuan peraturan disebut...
A. horizontal
B. vertikal
C. formal
D. informal
E. diagonal
13.
dalam kegiatan komunikasi, antara
komunikator dan komunikan harus ada rasa saling percaya untuk mendapatkan satu
pengertian. hal ini disebut...
A. credibility
B. context
C. content
D. clarity
E. continuty
14.
pengirim berita atau pesan harus disesuaikan
dengan kemampuan dan pengetahuan pihak komunikan disebut
A. credibility
B. capacity
of audience
C. content
D. clarity
E. continuty
15.
komunikasi yang hanya berupa kata-kata saja
akan sangat membosankan dan dapat mengaburkan isi serta tujuan komunikasi
A. jarak
fisik
B. verbalistis
C. kesalahan
semantik
D. latar
belakang
E. pengetahuan
komunikator
16.
proses komunikasi harus mengandung kejelasan
yang meliputi kejelasan isi berita, kejelasan tujuan yang hendak dicapai, dan
kejelasan istilah-istilah yang digunakan dalam menggunakan lambang-lambang
A. credibility
B. capacity
of audience
C. content
D. clarity
E. continuty
17.
yang bukan merupakan penghambat keberhasilan
komunikasi
A. kurang
cakap
B. kurang
pengetahuan
C. kurang
pendengaran
D. bahasa
yang dimengerti
E. verbalitas
18.
keberhasilan proses komunikasi berhubungan
erat dengan situasi dan kondisi lingkungan pada saat komunikasi berlangsung
A. credibility
B. capacity
of audience
C. content
D. clarity
E. continuty
19.
orang menyampaikan pesan...
A. komunikasi
B. komunikan
C. komunikator
D. umpan
balik
E. media
20.
untuk saluran komunikasi dapat digunakan
media yang sudah dikenal oleh umum agar proses komunikasi berhasil. misalnya
melalui media cetak ( seperti buletin, majalah dan koran) atau melalui media
ellektronik ( seperti radio, televisi atau telepon)
A. credibility
B. capacity
of audience
C. content
D. clarity
E. channels
of distribution
II
essay
1. apa
yang dimaksud dengan proses komunikas
2.
buatlah bagan dari langkah-langkah dalam
proses komunikasi dan jelaskan fungsinya masing-masing
3.
jelaskan pengertian, kelebihan dan keburukan
dari:
a. komunikasi
satu arah
b. komunikasi
dua arah
c. komunikasi
segala arah
4.
jelaskan keberhasilan komunikasi dilihat dari
sudut komunikator dan komunikan
5.
jelaskan faktor penghambat dari keberhasilan
komunikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar