Senin, 07 Agustus 2017

RUANG LINGKUP GUDANG DALAM KEGIATAN BISNIS

Kegiatan Pembelajaran 1: 

Ruang Lingkup Gudang dalam Kegiatan Bisnis


A.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari Ruang lingkup Gudang dalam Kegiatan Bisnis, peserta mampu memahami komponen ruang lingkup gudang dalam kegiatan bisnis dengan teliti dan bertanggung jawab.
B.        Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    menjelaskan pengertian gudang
2.    menjelaskan fungsi gudang
3.    mengklasifikasi jenis-jenis gudang
4.    mendeskripsikan jenis layout gudang
5.    mendeskripsikan macam-macam gudang berdasarkan kepemilikannya, tempat, jenis barang yang disimpan dan karekteristik barang yang disimpan

C.        Uraian Materi
1.   Pengertian Gudang
Gudang merupakan fasilitas khusus yang bersifat tetap, yang dirancang untuk mencapai target tingkat pelayanan dengan total biaya yang paling rendah. Gudang pada dasarnya adalah bangunan yang secara fisik mempunyai kriteria tertentu sebagai tempat penyimpanan barang, yang mana di dalamnya terdapat proses pergudangan (warehousing) berupa storage dan material handling
                              Gambar 1. 1 Gudang
 Pengertian gudang menurut beberapa ahli :
§  Menurut Perpu Nomor 5 Tahun 1962 
Gudang adalah ruangan yang tidak bergerak yang dapat ditutup dengan tujuan tidak untuk dikunjungi untuk umum, melainkan untuk dipakai khusus sebagai tempat barang. 
§  Menurut John Warman (2004), gudang (kata benda) adalah bangunan yang dipergunakan untuk menyimpan barang dagangan. Pergudangan
(kata kerja) adalah kegiatan menyimpan dalam gudang
§  Menurut Ibnu syamsi (1997 : 28) 
Gudang adalah ruangan untuk menyimpan barang yang berdinding, beratap dan terkunci. 
suatu dapat dikatakan gudang jika memenuhi unsur-unsur sebagai berikut :
a.    adanya ruangan : ruangan terbuka adalah ruangan yang dibentuk tanpa atap dan tanpa pagar, biasanya ruangan terbuka dipergunakan untuk menyimpan barang-barang yang tahan cuaca. Contoh : pasir, batu dan sejenisnya
b.    tertutup : ruangan tersebut berpagar, beratap serta dapat dikunci
c.    tidak bergerak
d.    tidak untuk lalu lintas : gudang bukan merupakan akses jalan keluar masuk.
2.    Fungsi Gudang
John Warman (Managemen Pergudangan, 1988) menyatakan bahwa fungsi utama pergudangan adalah tempat penyimpanan bahan mentah (raw material), barang setengah jadi (intermediate goods), maupun tempat penyimpanan produk yang telah jadi (final goods), selain itu juga menjadi tempat penampungan barang yang akan dikirim atau barang yang baru datang. Dan gudang mempunyai peran penting guna mendukung keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya. 
Donal J. Bowersox (Managemen Logistik, Tahun 2000) mengatakan bahwa gudang dapat digambarkan sebagai suatu sistem logistik dari perusahaan yang berfungsi untuk menyimpan produk dan perlengkapan produksi lainnya (bahan baku, good-in-process, barang jadi, spareparts, supplies dan dead stock) dan menyediakan informasi status kondisi material/produk yang disimpan di gudang sehingga informasi tersebut mudah diakses oleh siapapun yang berkepentingan dan selalu up-to-date
3.    Jenis-jenis Gudang
Dalam bukunya yang berjudul "Manajamen Logistik & Supply Chain Manajement", th 200l. Miranda, S.T. & Drs Amin Widjaja Tunggal Ak, MBA menyatakan bahwa bila perusahaan memutuskan untuk menyimpan produk di tanah lapang, ia harus secara khusus memilih suatu celah ruangan, yang disebut pergudangan umum (public warehousing) atau ruang sendiri maupun ruang sewa, yang disebut pergudangan pribadi (private warehousing).
Terdapat 6 jenis gudang yang biasa digunakan, yaitu:
a.    Gudang barang dagangan umum untuk barang hasil pabrik (general merchandise warehouses for manufactured goods). 
b.    Gudang untuk penyimpanan yang bersifat dingin (refrigerator or cold storage warehouses). Gudang ini menyediakan lingkungan penyimpanan yang dapat dikendalikan temperaturnya. 
c.    Gudang dengan bea/pajak (bonded warehouses) Barang-barang seperti tembakau dan minuman beralkohol impor disimpan di gudang ini. 
d.       Gudang barang-barang rumah tangga (household goods warehouses). Digunakan untuk penyimpanan property pribadi. Properti ini secara khusus disimpan dalam jangka panjang yang sifatnya sementara
e.    Pergudangan komoditas khusus (special commodity warehouses). Pergudangan komoditas khusus digunakan untuk produk pertanian khusus seperti butir padi, wol dan katun. 
f.     Pergudangan penyimpanan barang penting (Bulk storage warehouses). Pergudangan bulk storage memberikan tangki penyimpanan cairan dan penyimpanan terbuka atau tersembunyi untuk produk kering seperti batu bara, pasir dan barang-barang kimia.
4.       Jenis Layout Gudang
Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan besar kapasitas gudang antara lain: 
a.    Besar ukuran dari masing-masing barang yang hendak disimpan. Semakin besar ukuran barang akan memerlukan ruang yang sangat besar. 
b.    Waktu tenggang (lead time) dari pemesanan barang, jika waktu tenggang lebih cepat maka ruang penyimpanan harus semakin besar. 
c.    Jumlah atau banyaknya barang yang harus disimpan dan frekuensi keluar masuknya barang. 
d.    Faktor yang hendak diambil oleh pihak manajemen gudang yang meliputi faktor kehabisan barang, faktor kekurangan tempat penyimpanan pada saat barang tiba di gudang.
Selain ditentukan oleh besar ruangan, kapasitas gudang juga ditentukan oleh cara mengatur letak barang yang disimpan (layout ruang gudang). Gudang dengan tata ruang sembarangan dan berserakan tentunya kurang efisien dibandingkan dengan gudang yang tata ruangnya diatur dengan rapi. Selain hal tersebut diatas, terdapat hal lain yang harus diperhatikan, yaitu jenis barang yang disimpan apakah barang tersebut termasuk:
a.    Fast moving, yaitu barang sirkulasinya cepat, biasanya berupa barang-  barang yang laku cepat. 
b.    Slow moving, yaitu barang yang sirkulasinya lambat, biasanya berupa  barang-barang yang lakunya lambat.
Berdasarkan arus keluar masuk barang, terdapat beberapa bentuk layout gudang yang dapat diterapkan, yaitu:
a.     Arus garis lurus sederhana
Dengan menggunakan layout arus garis lurus sederhana arus barang akan berbentuk garis lurus. Lokasi barang yang akan disimpan dibedakan antara barang yang bersifat fast moving dan slow moving. Barang yang bersifat fast moving disimpan dilokasi yang dekat pintu keluar, sebaiknya barang yang bersifat slow moving disimpan dilokasi yang dekat pintu masuk. Arus garis lurus sederhana adalah seperti pada gambar berikut:
 
Gambar 1. 2  Layout Arus Garis Lurus
b.    Arus 'U'
Dengan menggunakan layout arus 'u' arus barang berbentuk 'U'. Barang yang bersifat fast moving disimpan dilokasi yang dekat dengan pintu keluar, sebaliknya barang yang bersifat slow moving disimpan dilokasi yang dekat dengan pintu masuk.
Layout 'u' adalah seperti pada gambar berikut :
 
Gambar 1. 3  Layout Arus U

c.    Arus L
Dengan menggunakan layout 'L' arus barang berbentuk 'L'.. Barang yang berssifat fast moving disimpan dilokasi yang dekat dengan pintu keluar, sebaliknya barang yang bersifat slow moving disimpan dilokasi yang dekat dengan pintu masuk. Layout dengan Arus 'L' adalah seperti pada gambar berikut:


 
Gambar 1. 4 Layout Arus L  


5.     Gudang Berdasarkan Kepemilikkan , tempat,  jenis barang yang  disimpan, karekteristik material yang disimpan
1. Gudang dapat diklasifikasikan berdasarkan kepemilikannya   yaitu
 a. Gudang Pribadi 
Gudang pribadi (private warehouse) adalah fasilitas penyimpanan yang memiliki atau disewa oleh perusahaan untuk digunakan oleh mereka sendiri. sebagian besar pabrik, pedagang grosir, dan peritel memiliki beberapa fasilitas penyimpanan di dalam bangunan mereka sendiri atau di lokasi terpisah. Perusahaan menggunakan gudang pribadi ketika ada barang dengan volume besar yang harus disimpan secara teratur. Namun gudang pribadi dapat berbiaya mahal jika kebutuhan berubah ruang ekstra tersebut mungkin sulit atau tidak mungkin untuk disewakan ke orang lain. Jenis gudang ini dimiliki dan dioperasikan oleh pemasok dan reseller untuk digunakan dalam kegiatan distribusi mereka sendiri. Sebagai contoh, jaringan ritel besar menyediakan gudang untuk toko mereka atau grosir mengoperasikan sebuah gudang di mana ia menerima dan mendistribusikan produk. Contoh:  Gudang toko pribadi dan  Gudang pabrik milik pribadi .
b.    Gudang Umum/Publik 
Gudang publik (public warehouse) merupakan fasilitas penyimpanan independen. Gudang publik mampu menyediakan semua layanan yang bisa disediakan oleh gudang milik perusahaan. Pada dasarnya adalah ruang yang dapat disewakan untuk mengatasi kebutuhan distribusi dalam jangka pendek. Pengecer yang memiliki gudang sendiri mereka sendiri terkadang mencari ruang penyimpanan tambahan jika kapasitas gudang mereka tidak mencukupi atau jika mereka melakukan pembelian produk dalam jumlah besar dengan alasan tertentu. Sebagai contoh, pengecer bisa memesan tambahan barang untuk memaksimalkan penjualan di toko atau ketika ada harga promosi dari pemasok jika membeli dalam jumlah besar, Gudang pabrik dan Gudang supermarket.
c.    Gudang Pemerintah 
Gudang Pemerintah merupakan fasilitas penyimpanan yang dimiliki oleh pemerintah , misalnya :  Bulog dan  Entreport 

2.     Gudang berdasarkan tempatnya dapat berupa :
a.     Gudang Pabrik yaitu gudang yang tempatnya dikawasan pabrik
b.     Gudang Toko, yaitu gudang yang tempatnya menyatu atau berada dikawasan tokok pemiliknya.
c.      Gudang pelabuhan yaitu gudang yang berada dikawasan pelabuhan
Gudang pelabuhan dapat dibedakan menjadi 4
1.    Entreport adalah gudang yang terdapat pada lini pertama dan lini kedua pada suatu pelabuhan sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang akan dikirim  keluar negeri atau dimasukkan kedalam negeri, dimana didalam gudang tersebut pihak yang berwenang melakukan pemeriksaan atas barang dan mengenakan bea masuk dan bea keluar
2.    Veem ( dock company)  adalah suatu  perusahaan pergudangan yang menjalankan usaha jasa penyimpanan barang- barang pihak lain dengan memungut sewa,dan barang-barng yang simpan segala macam barang impor maupun eksport
3.    Freefort ( Free Trade Zone) adalah suatu daerah pelabuhan yang bebas untuk keluar masuk barang –barang tanpa adanya pengenaan bea keluar atau bea masuk yang dibebankan atas barang-barang tersebut.
4.    Bonded Warehouse adalah suatu daerah perdagangan bebas yang sekaligus merupakan daerah perdagangan dan industri

3.   Gudang berdasarkan jenis barang yang disimpan dapat berupa :
1.          gudang bahan baku
2.          gudang kain
3.          gudang perlengkapan
4.          gudang mesin
     4.  Gudang berdasarkan  karekteristik material yang disimpan
1.        gudang penyimpanan bahan baku
2.        gudang penyimpanan  barang setengah jadi
3.        gudang penyimpanan barang jadi

6.    Menentukan Lokasi Gudang
Dalam suatu perusahaan, keputusan manejemen tentang letak gudang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:
a.    jenis barang
b.    biaya transport
c.    pasar
d.    sewa
e.    penyediaan tenaga kerja
f.     pajak
g.    kondisi geografis
h.    persaingan
penting  tidaknya faktor-faktor tersebut tergantung pada keadaan pabrik atau perantara dalam saluran distribusi.
penentuan lokasi gudang yang didekatkan dengan sumber bahan baku disebut product oriented location, sedangkan penentuan lokasi gudang dekat dengan pasar yang diperuntukkan untuk barang-barang yang mudah rusak seperti buah-buahan dan sebagainya disebut market oriented location.
7.    Proses penerimaan dan Penyimpanan Barang di Gudang
Gudang penyimpanan barang untuk jangka waktu lama. gudang distribusi menerima barang dari berbagai pabrik perusahaan pemasok dan memindahkannya secepat mungkin.
untuk menyimpan barang-barang digudang diperlukan pengaturan secara baik. dengan demikian penyimpanan barang digudang perlu menempuh suatu prosedur tertentu dengan tahapan sebagai berikut:
a.    prose penerimaan barang
1.    setiap barang yang datang dimasukkan dulu kedalam gudang sementara untuk diperiksa faktur atau bukti kirim
2.    barang dikelompokkna sesuai jenisnya
3.    barang yang tidak memenuhi syarat di return kepda perusahaan pengirim disertai surat return
b.    Penyimpanan barang-barang di gudang tetap
1.    barang-barang yang diterima digudang disusun dan disimpan sesuai jenis/spesifikasi dan instriksi penyimpanan
2.    semua barang dicatat dalam kartu gudang setiap jenis dicatat barang masuk dan keluar
3.    pemeriksaan fisik dilakukan oleh kepala gudang dan jumlahnya dicatat dalam pembukuan untuk meudahkan pengendalian /pengontrolan
4.    keadaan barang/produk digudang tersimpan dengan baik
jenis barang yang disimpan, antara laian:
a.    barang dagangan yang disimpan oleh perusahaan untuk dijual kembali sesuai peratauran normal suatu usaha dagang
b.    bahan baku dan barang dalam proses produksi
c.    bahan atau barang yang disimpan untuk dipakai
adapun prosedur penyimpanan barang digudang antara lain:
1.    melakukan pengelompokkan barang sesuai dengan golongannya
2.    melakukan pengelompokkan barang sesuai jenis barangnya
3.    melakukan pengelompokkan barang menurut sifat barangnya.
dalam penyimpanan barang digudang diperlukan adanya perhatian dalam rangka pemeliharaan agar tetap dalam kondisi yang baik antara lain:
1.    sifat barang
2.    penerangan yang cukup
3.    suhu udara yang stabil
4.    menjaga kebersihan barang
5.    pembuatan laporan
c.    Pengeluaran barang dari gudang
pengeluaran barang dari gudang sesuai permintaan yang tercantum dalam bon barang. bon barang ini merupakan bukti pendukung pengeluaran barang.
untuk setiap barang yang dikeluarkan diberikan bukti pengantar barang keluar yang ditandatangani oleh kepala gudang dan ditanda tangani si penerima barang. bukti pengantar asli diberikan kepada penerima barang dan salinannya sebagai arsip.

D.       Aktifitas Pembelajaran

1.    Cobalah Anda cari melalui beberapa sumber tentang  definisi gudang menurut ahli selain yang terdapat dalam modul ini sebanyak 5 buah.  Berdasarkan pendapat ahli tersebut buatlah kesimpulan definisi gudang menurut Anda. 
Sebagai panduan Anda dapat melengkapi tabel berikut :

Lembar Kerja 1.1

Menurut Ahli                                           Definisi Gudang                Sumber
1                                                            


2                                                            


3                                                            
                     

Kesimpulan :                                         



Buatlah kelompok yang terdiri dari 4 orang.  Diskusikanlah tentang layout gudang berdasarkan arus keluar masuk barang.  Tuliskan barang seperti
2.    apakah yang sesuai penyimpanannya dengan jenis-jenis layout tersebut dan tuliskan alasannya. Isilah lembar kerja dibawah ini
         
Lembar Kerja 1.2

Bentuk Layout         Jenis Barang                Alasan
Arus Garis Lurus  

Arus U

                                         


Arus L                                                                  

3.    Baca dan pahami  4 alasan utama diperlukannya gudang, lakukan diskusi kelompok (tiap kelompok 3 orang).  Berdasarkan keempat alasan tersebut, apa manfaat keberadaan gudang yang dapat kelompok Anda simpulkan, tulis dalam lembar berikut.
Lembar Kerja 1.3


Manfaat Gudang :




4.    Amatilah gudang yang ada disekitar Anda, apa jenis gudang tersebut, bagaimana lauyout gudang tersebut dan aktivitas apa saja yang dilakukan di gudang tersebut. Presentasikan hasil pengamatan

E.        Rangkuman

1.    Definisi Gudang 
Gudang atau storage merupakan tempat menyimpan barang baik dalam baku yang akan dijalani proses manufacturing, maupun barang jadi yang siap dipasarkan. Sedangkan pergudangan tidak hanya merupakan kegiatan penyimpanan barang saja, melainkan proses penanganan barang mulai dari penerimaan barang dan pencatatan, penyimpanan, pemilihan, pelabelan, sampai dengan proses pengiriman barang. 
2.    Fungsi Gudang
Gudang berfungsi sebagai penerimaan, penyimpanan, pemeliharaan, pengamanan, pendistribusian dan penyedia informasi status kondisi produk/barang yang disimpan didalamnya
3.    Jenis-jenis Gudang
Terdapat 6 jenis gudang yang biasa digunakan, yaitu:
a.    Gudang barang dagangan umum untuk barang hasil pabrik (general merchandise warehouses for manufactured goods)..
b.    Gudang untuk penyimpanan yang bersifat dingin (refrigerator or cold storage warehouses). 
c.    Gudang dengan bea/pajak (bonded warehouses.) Barang-barang seperti tembakau dan minuman beralkohol impor disimpan di gudang ini. 
d.    Gudang barang-barang rumah tangga (household goods warehouses).
Digunakan untuk penyimpanan property pribadi. 
e.    Pergudangan komoditas khusus (special commodity warehouses). Pergudangan komoditas khusus digunakan untuk produk pertanian khusus seperti butir padi, wol dan katun. 
f.     Pergudangan penyimpanan barang penting (Bulk storage warehouses). Pergudangan bulk storage memberikan tangki penyimpanan cairan dan penyimpanan terbuka atau tersembunyi untuk produk kering seperti batu bara, pasir dan barang-barang kimia.  Selain itu juga menyediakan drum pengisi atau campuran berbagai tipe bahan kimia dengan bahan kimia lainnya untuk menghasilkan campuran baru.
4.    Jenis Layout Gudang
Berdasarkan arus keluar masuk barang, terdapat beberapa bentuk layout gudang yang dapat diterapkan, yaitu: a. Arus garis lurus sederhana
b.    Arus 'U'
c.    Arus L
5.    Menurut kepemilikkannya gudang terdiri dari : gudang milik pribadi, gudang milik umum dan gudang milik pemerintah.
6.   Menetukan Lokasi Gudang
 Dalam suatu perusahaan, keputusan manejemen tentang letak gudang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: jenis barang, biaya transport, pasar, sewa, penyediaan tenaga kerja, pajak, kondisi geografis dan persaingan
7.    Proses penerimaan dan Penyimpanan Barang di Gudang
prosedur penyimpanan barang digudang antara lain:
a.     melakukan pengelompokkan barang sesuai dengan golongannya
b.     melakukan pengelompokkan barang sesuai jenis barangnya
c.      melakukan pengelompokkan barang menurut sifat barangnya 

F.     Evaluasi

Pilihan Ganda
1.        Definisi gudang adalah sebuah ruangan yang di gunakan untuk menyimpan berbagai macam barang, dan sebaiknya terletak di lokasi yang tidak lembab agar barang-barang kita tidak ..........
A.     Mudah hilang
B.     Mudah disimpan 
C.     Mudah di curi 
D.    Gampang rusak 
E.     Kena sinar matahari 
2.        tempat penyimpanan bahan mentah (raw material), barang setengah jadi (intermediate goods), maupun tempat penyimpananproduk yang telah jadi (final goods),
A.     Arti gudang
B.     Fungsi Gudang
C.     Manfaat Gudang
D.     Jenis Gudang
E.     lokasi gudang
3.        Keuntungan yang diperoleh dari komersial gudang adalah keluwesan (flexibility) dan manajemen yang profesional, selanjutnya gudang dalam jaringan distribusi pemasaran, gudang mempunyai beberapa misi/tugas di antaranya adalah : ....... 
A.     Gudang sebagai penyalur dalam sebuah daerah 
B.     Gudang sebagai penyeimbang dalam distribusi 
C.     Gudang sebagai alat kontrol di sebuah daerah 
D.     Gudang sebagai dinamisator di daerah
E.     Gudang sebagai penimbun barang 
4.        Sesuatu dapat dikatakan gudang jika memenuhi unsur-unsur sebagai berikut; adanya ruangan, tertutup, tidak bergerak dan ......... 
A.     Untuk lalu lalang 
B.    Tidak untuk lalu lintas 
C.     Adanya petugas penjaga
D.    Adanya alat pendeteksi
E.     Adanya sekurity
5.    Jenis gudang ini dimiliki dan di operasikan oleh pemasok dan reseller untuk digunakan dalam kegiatan distribusi mereka sendiri adalah ...... 
A.   Gudang publik
B.    Gudang perusahaan
C.   Gudang otomatis
D.   Gudang pribadi/swasta
E.    Gudang umum SUmum14  
6.    Gudang ini pada dasarnya adalah ruang yang dapat disewakan untuk mengatasi kebutuhan distribusi dalam jangka pendek adalah ......
A.   Gudang Publik/umum
B.    Gudang Perusahaan
C.   Gudang pemerintah
D.   Gudang Pribadi/swasta
E.    Gudang sendiri
7.    Gudang penyimpan yang menangani berbagai jenis produk dengan penanganan khusus kondisi seperti freezer untuk menyimpan produk beku dan kelembaban lingkungan disebut ...... 
A.   Gudang khusus
B.   iklim controlled werehouse
C.   Distribution centre
D.   Gudang Otomatis
E.    Gudang pribadi/swasta
8.    Operasional gudang meliputi beberapa kegiatan kecuali ......
A.   Penanganan/handling
B.    Pengawasan operasional pekerja
C.   perhitungan stock
D.   penanganan daerah kerja
E.    distribution centre
9.        merupakan fasilitas penyimpanan independen.....
A.  Gudang Publik
B.  Gudang Perusahaan
C.  Gudang pemerintah
D.  Gudang Pribadi/swasta
E.  Gudang Umum
10.     Macam Gudang berdasarkan jenis barang yang di simpan kecuali ..... 
A.  Gudang bahan baku                  
B.  Gudang perlengkapan               
C.  Gudang kain
D.  Gudang alat
E.  Gudang Garam
11.     barang sirkulasinya cepat, biasanya berupa barang-  barang yang laku cepat. 
A.  slow moving
B.  fast moving
C. storage
D. material handling
E.  immaterial
12.     Pergudangan  digunakan untuk produk pertanian khusus seperti butir padi, wol dan katun adalah...
A.     general merchandise warehouses for manufactured goods). 
B.     bonded warehouses
C.     refrigerator or cold storage warehouses
D.     household goods warehouses).
E.     special commodity warehouses
13.     barang yang sirkulasinya lambat, biasanya berupa  barang-barang yang lakunya lambat.
A.  slow moving
B.  fast moving
C. storage
D. material handling
E.  immaterial
14.     Gudang Digunakan untuk penyimpanan property pribadi. Properti ini secara khusus disimpan dalam jangka panjang yang sifatnya sementara
A.     general merchandise warehouses for manufactured goods). 
B.     bonded warehouses
C.     refrigerator or cold storage warehouses
D.     household goods warehouses.
E.    special commodity warehouses
15.     Barang yang bersifat fast moving disimpan dilokasi yang dekat dengan pintu keluar, sebaliknya barang yang bersifat slow moving disimpan dilokasi yang dekat dengan pintu masuk. adalah bentuk layout gudang
A.  arus garis lurus  sederhana
B.  arus U
C. Arus L
D. arus U dan L
E.  Arus garis lurus sederhana, arus U   dan arus L
16.     gudang yang terdapat pada lini pertama dan lini kedua pada suatu pelabuhan sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang akan dikirim  keluar negeri atau dimasukkan kedalam negeri, dimana didalam gudang tersebut pihak yang berwenang melakukan pemeriksaan atas barang dan mengenakan bea masuk dan bea keluar
A.   Bonded Warehouse
B.  Veem
C. Entreport
D. Freeport
E.  dock company
17.     penentuan  gudang  yang disekatkan dengan bahan baku adalah...
A.  Bonded Warehouse
B.  product oriented location
C. market oriented location
D. dock company
E.  duane
18.     gudang digunakan sebagai gudang pabrik, gudang toko dan gudang pelabuhan merupakan macam gudang berdasarkan....
A.   kepemilikannya
B.   tempatnya
C. jenis barang yang disimpan
D. besarnya barang yang disimpan
E.  banyaknya barang yang disimpan
19.     Gudang ini menyediakan lingkungan penyimpanan yang dapat dikendalikan temperaturnya
A.     general merchandise warehouses for manufactured goods). 
B.     private warehouses
C.     refrigerator or cold storage warehouses
D.     household goods warehouses).
E.   special commodity warehouses
20.     yang tidak termasuk dalam pemeliharaan gudang agar tetap dalam kondisi baik adalah....
A.  sifat barang
B.  penerangan yang kurang
C. suhu udara yang stabil
D. menjaga kebersihan barang
E.  pembuatan laporan

Essay

1.      Jelaskan pengertian gudang dari beberapa pendapat ahli
2.      Jelaskan unsur-unsur gudang
3.      Jelaskan fungsi gudang
4.      Jelaskan jenis-jenis gudang
5.      jelaskan layout gudang dan berikan contoh
6.      Sebutkan klasifikasi gudang berdasarkan kepemilikkannya dan berikan contoh!
7.      jelaskan menentukan  lokasi gudang
8.      jelaskan  prosedur pengeluaran barang digudang
9.      jelaskan prosedur penyimpanan barang digudang
10.   jelaskan proses penerimaan barang di gudang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar