menerapkan pemasaran melalui situs mobile
Berbicara tentang direct marketing atau
pemasaran secara langsung, kini para pemasar sebaiknya mulai berpikir untuk
menggunakan perangkat mobile. Mengapa?
Data dari Redwing menunjukkan bahwa sebanyak 20% orang Indonesia
menggunakan ponsel pintar, 74% menggunakan ponsel fitur dan 6% menggunakan basic phones. Diperkirakan pengguna ponsel pintar akan terus
bertumbuh dan mencapai 52% pada tahun 2017. Adapun survei Nielsen tahun 2011
menunjukkan sebanyak 48% pengguna internet di Indonesia mengakses internet dari
perangkat mobile.
Data tersebut menunjukkan besarnya peluang untuk memasarkan produk atau
jasa secara langsung melalui akses mobile. Berikut beberapa cara pemasaran langsung
melalui perangkat mobile:
SMS
Meskipun kini layanan chat menjamur, tapi SMS masih bertahan.
Lembaga riset Informa menunjukkan perkiraan data jumlah pesan yang dikirim
lewat aplikasi chat mencapai
50 miliar pesan per hari dan 21 miliar pesan per hari melalui SMS.
Contohnya yaitu Planet Hollywood Resort di Las Vegas. Mereka menjalankan
kampanye SMS dalam rangka menaikkan jumlah anggota A-List Players Club.
Kampanye tersebut berhasil meningkatkan jumlah anggota hingga 13%.
Sangat penting bagi pemasar untuk menyadari bahwa meskipun banyak
platform messaging di
luar sana, SMS bisa menjadi taktik pemasaran langsung yang sangat berguna di
masa kini. Namun, sebaiknya penggunaan SMS untuk pesan promosi dan transaksi
bernilai tinggi.
Aplikasi Mobile
Aplikasi mobile memberikan
kemudahan dibanding mobile browser. Dengan aplikasi mobile akses ke situs menjadi
lebih cepat dan lebih mudah dalam pengunduhan. Hasil survei Google menunjukkan
bahwa 67% pengguna cenderung akan membeli produk atau layanan jika situs
memberikan kemudahan.
Bagi para pemasar aplikasi mobile mewakili
peluang tak hanya untuk meningkatkan brand awarenessmelalui iklan, tapi juga untuk
mengumpulkan data bernilai tentang pelanggan untuk kepentingan komunikasi.
Mobile usage in store
Data econsultancy.com menunjukkan
bahwa 60% pelanggan yang sedang berbelanja di gerai, di waktu yang sama
mengakses internet melalui perangkat mobile-nya mencari informasi dan membandingkan harga
dan barang dalam rangka mencari penawaran terbaik.
Untuk itulah, sangat penting bagi pemilik gerai untuk mengoptimalkan
situsnya agar mudah diakses melalui perangkat mobile. Data econsultancy.com mengatakan
bahwa sebanyak 40% pengguna perangkat mobile beralih
ke kompetitor gerai karena memiliki pengalaman buruk dengan akses mobile.
b.dasar dasar pemasaran
melalui perangkat mobile
Kita
semua telah mendengar pemasaran mix tradisional, namun belum ada banyak
pekerjaan yang dilakukan pada versi mobile. Jadi ulsan ini akan memberikan
ringkasan bagus dari elemen-elemen yang membentuk lanskap ponsel pemasaran
kreatif, yang disebut 'Mobile Marketing Mix', atau MMM! yang bisa digunakan
untuk marketing dan salah satu Cara Meningkatkan Penjualan Online untuk
bisnis kita.
Di masa lalu jika Anda
telah mengatakan 'App' Anda mungkin berpikir ada dua huruf, 'L' dan 'E' hilang
dari itu, atau bahwa itu setengah dari buah. Tapi itu sebenarnya singkatan dari
'Aplikasi'. Ya, di situlah kata App berasal, siapa yang akan berpikir itu. Jadi
sebuah aplikasi adalah software kecil yang melakukan tindakan tertentu. Apakah
itu jaringan sosial, kalkulator, berita, game atau peta, aplikasi ini memiliki
tujuan yang dimaksudkan, dan baik pra-instal pada ponsel cerdas Anda atau dapat
didownload dari App.
2) Mobile Advertising
Satu hal yang membawa
aplikasi mobile adalah kesempatan bagi iklan yang akan ditampilkan pada mereka.
Sama seperti iklan muncul di website, saat ini memperoleh penghasilan tambahan
dari iklan mobile telah menjadi tidak opsional tapi wajib. Hal yang besar tentang
iklan seluler adalah perusahaan bisa 'sendiri' yang layar kecil. Sedangkan pada
sebuah situs web mungkin ada beberapa iklan bermunculan, di iklan seluler
kemungkinan besar hanya satu yang dapat muncul.
Iklan seluler bisa datang dalam empat bentuk:
·
Ponsel Banner dan menampilkan: gambar grafis
atau teks yang dapat mencakup media yang kaya
·
Ponsel PPC: iklan muncul ketika Anda mencari
sesuatu di daftar dibayar
·
Iklan seluler kontekstual: mirip dengan PPC,
tapi lebih pada website / apps daripada daftar pencarian
·
Idle layar iklan: iklan yang ditampilkan
ketika pengguna sedang menunggu untuk halaman atau aplikasi untuk men-download
(3) M-Commerce
Setelah kata E-commerce diciptakan dari
pembelian online, istilah telah diterapkan ke dunia mobile. Mobile Commerce
adalah tindakan membeli produk atau jasa melalui ponsel. Sehingga bisa menjadi
apa pun dari pembelian sepatu dari M & S untuk melatih tiket dari
Trainline. Selama itu dibeli melalui perangkat telepon, dapat disebut
M-Commerce.
M-Commerce telah merevolusi membeli secara
online karena Anda dapat cukup banyak membeli sesuatu dari mana saja. Penjualan
Online M-Commerce meningkat dengan cepat dan lebih dari mungkin akan meledak
selama beberapa tahun ke depan.
(4) QR Codes
Dikenal secara resmi sebagai Kode Respon
Cepat atau informal sebagai QR Codes, ini telah menjadi aspek yang semakin
meningkat dari lanskap mobile. Kode QR adalah barcode yang dapat muncul di atas
kertas, produk atau papan reklame, dan dapat dibaca dengan menggunakan
smartphone atau perangkat membaca QR berdedikasi dan berisi URL di dalamnya.
Jadi setelah Anda sudah menangkap kode QR link bisa membawa Anda ke apa pun
dari situs Web untuk pesan atau penawaran khusus.
(5) Kupon Mobile
Sebuah kupon seluler adalah tiket elektronik
atau pesan yang dikirim ke ponsel seseorang biasanya melalui SMS atau teks MMS
bagi orang untuk menebus tawaran atau mendapatkan diskon pada produk atau jasa.
Ini adalah cara yang bagus untuk mendorong baik langkah kaki ke toko Anda atau
lalu lintas ke situs Anda. Ponsel kupon biasanya tepat sasaran karena mereka
juga tahu Anda akan tertarik tawaran itu, atau Anda berada di daerah setempat
dan bisa mengambil keuntungan dari itu.
(6) Pemasaran Berbasis Lokasi Mobile
Ada jenis dua elemen ini. Yang pertama adalah
saling terkait dengan poin sebelumnya tentang kupon mobile dan berada di lokasi
yang tepat untuk menebus mereka. Iklan yang ditargetkan menggunakan GPS adalah
cara yang fantastis untuk menjangkau khalayak luas dan berkembang cepat! Bagian
kedua menggabungkan dua aspek, aplikasi atau situs web dengan lokasi. Contoh
utama dari ini adalah Foursquare di mana aplikasi ini memungkinkan Anda untuk
mengirim update di mana Anda berada. Selain itu, Facebooks 'Check in' dan
pencari jaringan sosial lokasi lain telah terintegrasi mobile dan lokasi
bersama-sama untuk memungkinkan Anda untuk memberitahu dunia di mana Anda
berada.
(7) Pembayaran Mobile
Bayangkan situasi, teman Anda ingin membeli
sesuatu secara online tetapi telah kehabisan uang atau seseorang berutang uang
Anda. Daripada menunggu lama untuk cek untuk menghapus Anda sekarang dapat
melakukan pembayaran yang cepat melalui ponsel Anda. Itu karena dengan
men-download sebuah aplikasi uang dapat ditransfer ke account Anda langsung
melalui kekuatan perangkat mobile Anda. Besar! Tidak ada lagi menunggu
diperlukan!
( 8 ) Website Mobile
Aspek kedelapan dan terakhir dari MMM adalah
situs dioptimalkan mobile, jadi sekarang kita tidak berbicara tentang aplikasi
, tetapi lebih website yang mengakomodasi mobile. Misalnya ,m.bbc.co.uk/news
adalah situs mobile BBC News. Jika Anda mengetik ini
menjadi sebuah mesin pencari pada ponsel Anda maka ini akan menjadi antarmuka
Anda akan melihat . Situs ini lebih dikompresi dengan desain , kegunaan dan
navigasi fitur yang memungkinkan situs untuk dilihat dari layar kecil pada
ponsel . Jadi meskipun Anda dapat men-download aplikasi BBC News masih harus
versi situs web mobile yang dibuat hanya dalam kasus Anda mengakses situs dari
mesin pencari atau situs lain .
Namun, kita semua berada
di sana ketika masih ada tidak dioptimalkan situs mobile! Panik memperluas dan
menyeret halaman atas, bawah dan di seluruh ! Sangat menjengkelkan !Jadi ada
yang kita miliki . Ada gambaran dari delapan elemen utama pemasaran mobile yang
dalam beberapa cara semua saling berhubungan . Tidak ada pertanyaan bahwa
pemasaran mobile meningkat dan mungkin tahun depan daftar ini dan bauran
pemasaran ponsel akan meningkat lebih lanjut !
c.membuat website menggunakan templat word
press untuk perangkat mobile
Kita tahu bahwa pengguna smartphone di Indonesia semakin meningkat, dan
jumlah peningkatan ini terlihat sangat signifikan. Kemudahan dalam mengakses
internet melalui ponsel pintar membuat kebanyakan orang tertarik untuk memiliki
perangkat mobile tersebut. Tidak hanya untuk mengakses media sosial dan email,
pengguna smartphone juga sering membuka konten dari halaman website/ blog untuk
membaca informasi yang ada di sana. Nah, bagi pemilik website/ blog wordpress, Anda harus menyediakan versi mobile untuk situs Anda.
Website maxmanroe.com
saat ini menggunakan Plugin WP Touch Pro 3 untuk membuat versi mobile nya.
Plugin ini saya beli dari situs www.bravenewcode.com dengan harga $49 untuk
single license. Sebenarnya plugin ini tersedia dalam versi gratis yaitu WP
Touch yang bisa kita download dari Dashboar WP Admin masing-masing, dan saya
pernah menggunakan versi gratisnya selama beberapa bulan. Namun, saya melihat
banyak kelebihan versi berbayarnya, jadi saya putuskan untuk membeli versi
tersebut. Bagi Anda yang ingin versi gratis nya, silahkan download di SINI. Jika Anda ingin
menggunakan versi berbayar silahkan lihat informasinya di SINI.
Di artikel ini saya akan menjelaskan cara
saya membuat website/ blog WordPress versi mobile dengan menggunakan WPTouch
Pro.
Setelah melakukan proses order dan membayar, plugin
tersebut akan dikirimkan oleh developer nya ke email Anda dengan mengirimkan
link download. File yang Anda terima akan berbentuk zip. Setelah berhasil di
download, langkah selanjutnya adalah menginstal ke WordPress Anda melalui
halaman dashboard WP Anda, lalu upload plugin WP Touch Pro.
2.
Setting Plugin WP Touch Pro
Setelah plugin tersebut berhasil diinstal dan diaktivasi,
langkah selanjutnya adalah membuat settingan website/ blog versi mobile Anda.
Di sebelah kiri halaman dashboard WordPress kita akan melihat link untuk masuk
ke halaman WP Touch, silahkan klik link itu.
A. Pengaturan Inti
Pada halaman ini kita bisa membuat beberapa pengaturan
inti, diantaranya memasukkan judul situs, mengatur regionalisasi untuk bahasa,
mengatur mode tampilan, dan beberapa pengaturan lainnya. Anda bisa mengatur sesuai dengan
yang Anda inginkan.
B. Tema & Ekstensi
Di dalam halaman ini kita akan
melihat beberapa pilihan themes untuk mobile site. Anda bisa memilih salah satu yang paling cocok dengan
situs Anda. Maxmanroe.com menggunakan theme CMS dari WP Touch Pro untuk versi
mobile nya. Pada halaman ekstensi kita bisa melihat beberapa fitur tambahan
dari WP Touch Pro, seperti Infinity Cache untuk membantu mempercepat load
website, Responsive images untuk meningkatkan kualitas gambar pada mobile site,
dan Mobile content. Sayangnya saya tidak bisa menggunakan fitur ini karena
harus meningkatkan lisensi WPTouch Pro milik saya. Klik tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan hasil
setingan Anda.
C. Pengaturan CMS (Theme CMS)
Di halaman ini kita bisa mengatur banyak hal seperti,
mengatur jumlah konten yang tampil di homepage, mengatur jumlah link artikel
terkait pada single post, mengatur slide, mengatur warna theme dan halaman
situs, memasukkan logo website kita, menambahkan link media sosial, menambahkan
script atau kode iklan, dan pengaturan lainnya. Proses pengaturannya sangat
mudah, kita tidak harus mengerti kode html yang rumit. Klik tombol “Simpan
Perubahan” untuk menyimpan hasil setingan Anda.
D. Pengaturan Menu
Pada halaman ini kita bisa mengatur
tampilan menu dan pages sesuai yang kita harapkan. Pada theme yang saya gunakan
(CMS), ada 2 pilihan menu, yaitu menu utama dan menu alternatif. Kita bisa
mengatur halaman mana yang masuk dalam tiap menu, saya memilih pages untuk menu
alternatif dan category untuk menu utama. Klik tombol “Simpan Perubahan”
untuk menyimpan hasil setingan Anda.
Di bawah ini adalah tampilan maxmanroe.com di Smartphone
Android saya.
1.
Halaman Homepage
2.
Halaman Artikel
Apa
Kelebihan WP Touch Pro dengan Versi Gratis?
Pada dasarnya pengaturan WPTouch Pro hampir sama dengan
yang versi gratis, tapi versi berbayar memiliki beberapa kelebihan seperti;
§
Pilihan
themes lebih banyak dengan tampilan lebih menarik
§
Kita
bisa membuat pengaturan yang lebih mendalam dan sesuai dengan keinginan kita
§ Bisa ditambahkan iklan
Adsense atau iklan mobile lainnya
§
Dan
beberapa kelebihan lainnya
Bagi Anda yang belum siap membeli versi berbayar bisa
mencoba versi gratisnya terlebih dahulu untuk membantu para pengunjung yang
mengakses website/ blog Anda dari smartphone. Situs yang tidak punya versi
mobile akan lebih sulit diakses dari smartphone, selain itu tampilan full site
akan terlihat kecil di smartphone. Jika Anda serius ingin membangun sebuah
situs untuk bisnis, saya sangat menyarankan Anda untuk membuat versi mobile-nya
karena kedepannya akan semakin banyak pengunjung situs Anda dari smartphone.
D, strategi pemasaran online
Strategi
pemasaran online merupakan cara untuk memberikan sebuah informasi kepada
konsumen sebagai pengguna internet mengenai apa saja yang ingin disampaikan.
Dalam hal usaha dan bisnis, segala informasi mengenai hal itu sangat diperlukan
agar produk barang dan jasa yang dihasilkan dapat diketahui oleh konsumen
sehingga memuaskan kebutuhan akan informasi.
Penyampaian
informasi ini sangat dianjurkan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan
diingat agar informasi terbuat gampang dicerna oleh masyarakat sebagai terget
pasar yang ingin digapai.
Pemasaran
secara online di era informasi teknologi saat ini sangat membantu sekali dalam
peningkatan usaha dan bisnis. Semua telah berubah ke arah yang serba digital.
Banyak cara untuk melakukan pemasaran secara online yang bisa digunakan dengan
memanfaatkan fasilitas yang ada di internet.
Ada
beberapa cara yang dianggap efektif untuk melakukan strategi pemasaran online
yang dapat dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut :
SEO
(Search Engine Optimization).
Cara
ini adalah salah satu kata kunci untuk dapat sukses di bisnis secara online.
Pemanfaatan search engine sebagai sarana pencarian online memberikan peluang
kepada bisnis anda untuk menjadi yang terdepan dan nomor satu. Dengan
mengoptimalkan semua konten dari website maka diharapkan website anda menjadi
gampang dan mudah ditelusuri menggunakan search engine dengan menggunakan
layanan jasa SEO.
Blog Marketing.
Menggunakan blog sebagai
sarana untuk mempromosikan bisnis dan usaha adalah cara untuk meningkatkan
traffic atau pengunjung ke website bisnis anda. Mengisi blog dengan konten yang
berhubungan dengan website bisnis dan usaha serta menempatkan link situs anda
di dalamnya mempermudah pengunjung untuk langsung mengarah ke halaman website
anda.
Social Media.
Strategi pemasaran
dengan mengunakan social media saat ini sudah menjadi trend yang berkembang
dengan pesat. Promosi dapat langsung menyentuh pasar yang ingin diraih karena
pengguna social media saat ini sangat tinggi dan terus meningkat secara
drastis. Selain Twitter, ada satu social media yang sangat tinggi penggunanya
saat ini yaitu facebook.
Membangun hubungan
dengan pelanggan di social media menciptakan loyalitas kepada bisnis anda dan
dapat membangun komunitas yang menjadi pengguna setia produk barang dan produk
jasa bisnis anda.
Dengan menggunakan strategi pemasaran online diharapkan target yang ingin dicapai dalam penjualan dapat diraih dengan penuh dan memberikan keuntungan yang signifikan.
Dengan menggunakan strategi pemasaran online diharapkan target yang ingin dicapai dalam penjualan dapat diraih dengan penuh dan memberikan keuntungan yang signifikan.