Senin, 07 Agustus 2017

PROSES KOMUNIKASI

Kegiatan Pembelajaran 2: 

 Proses Komunikasi


A.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari  Menerapkan     proses komunikasi bisnis, peserta mampu menjelaskan proses komunikasi dan dapat dirumuskan dalam gambar, menyebutkan langkah-langkah  prosese komunikasi dengan benar, memahamai penyebab  keberhasilan dan penghambat dari komunikasi dengan teliti dan bertanggung jawab.
B.        Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    menjelaskan pengertian proses komunikasi
2.    menjelaskan langkah-langkah proses komunikasi
3.    mengklasifikasi macam-macam proses komunikasi
4.    mendeskripsikan faktor penyebab keberhasilan dan penghambat dari komunikasi

C.        Uraian Materi
1.        Pengertian proses komunikasi
proses komunikasi adalah langkah-langkah pertukaran informasi/pesan dari komunikator kepada komunikans dengan menggunakan media dalam mencapai satu pengertian
perhatikan bagan dari proses komunikasi berikut:
Oval: Decode
Oval: Encode
 


Text Box:         MediaText Box: pesan/informasi                                                                                          
                                                                          
Text Box: Lambangi
Oval: Hambatanna
Text Box: Komunikani
Text Box: Komunikator
 




                                ..................................                               ........................

Text Box: pesan/informasi
 


                                                                                                                                              
2.       Langkah-langkah Proses komunikasi
langkah-langkah proses komunikasi adalah sebagai berikut:
a.       komunikator menyampaikan pesan atau informasi kepada komunikan
b.       komunikator membuat atau menyusun sandi-sandi (encoding)  untuk menyatakan maksud dalam bentuk kata-kata atau lambang-lambang (gambar, gerakan, warna, bahasa sandi, atau tulisan) sebagai pesan
c.        kata-kata atau lambang-lambang tersebut disalurkan melalui media
d.       komunikasi menguraikan atau menafsirkan lambang-lambang ( decoding) yang dikirimkan oleh komunikator sehingga mempunyai makna atau arti
e.       komunikasi memberi respon/tanggapan (feedback) terhadap informasi yang diberikan oleh kamunikator dapat menganalisis apakah pesan yang disampaikan sesuai dengan apa yang dimaksud oleh komunikator, karena dalam proses komunikasi dapat terjadi hambatan-hambatan

3.       Macam-macam  proses komunikasi
macam-macam proses komunikasi dapat diuraikan sebagai berikut....
a.     komunikasi satu arah ( one way commucation)
      komunikasi satu arah adalah komunikasi yang berlangsung dari satu pihak saja, yaitu  hanya dari pihak komunikator ( pengirim pesan) saja, dengan tidak memberi kesempatan kepada komunikan ( penerima pesan) untuk memberikan respon /tanggapan.
      Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi satu arah lebih bersifat persuasif, sehingga komunikasi  ini juga sering disebut dengan komunikasi persuasif.
      contoh : atasan memberikan perintah kepada pawa bahawannya, pemasangan baliho, atau papan reklame dipinggir jalan
      Keuntungan dari komunikasi satu arah, antara lain :
1)           lebih cepat dan efisien
2)           dalam hal-hal tertentu dapat memberikan kepuasan kepada komunikator, karena pihak komunikan tidak ada kesempatan untuk memberikan reaksi atau tanggapan atas apa yang disamapikan oleh komunikator.
3)           dapat menjaga wibawa komunikator ( pimpinan), karena komunikan tidak dapat mengetahui secara langsung atau menilai terhadap kesalahan-kesalahan dan kelemahan komunikator
      Kelemahan dari komunikasi satu arah, antara lain:
1)        tidak memberikan kepuasan kepada komunikan, karena komunikan tidak mempunyai kesempatan untuk memberikan tanggapan atau reaksi
2)        memberikan kesan otoriter kepada komunikator
3)        dapat menimbulkan kesalahpahaman dan ketidakjelasan, sehingga dapat menimbulkan prasangka yang tidak baik.
b.     Komunikasi dua arah ( two ways communication)
      komunikasi dua arah adalah komunikasi yang berlangsung antara dua pihak dan disertai timbal balik, baik dari pihak komunikator maupun dari pihak komunikan.
      komunikasi dua arah dapat terjadi secara vertikal, horizontal atau diagonal
1)        komunikasi vertikal adalah komunikasi yang berlangsung dari atas ke bawah atau dari bawah keatas. pada sebuah perusahaan, komunikasi yang terjadi adalah komunikasi yang berlangsung antara manajemen tingkat atas, menengah, sampai dengan karyawan. contoh komunikasi yang berlangsung antara pimpinan dengan stafnya di sebuah kantor
2)        komunikasi horizontal adalah komunikasi yang berlangsung  antara komunikator dan komunikan yang mempunyai tingkat, kedudukan dan wewenang yang sama. contoh komunikasi antar karyawan yang berada pada satu level atau satu tingkat.
3)        komunikasi diagonal adalah komunikasi yang berlangsung antara komunikator dan komunikan yang tingkat,kedudukan, bagian serta wewenangnya tidak sama. contoh manajer  pemasaran berdiskusi tentang perancangan iklan produk dengan staf humas perusahaan.

4.       Faktor- faktor  Komunikasi
dalam kegiatan komunikasi ada faktor-faktor yang dapat menunjang keberhasilan proses komunikasi, namun ada juga faktor-faktor penghambat keberhasilan proses komunikasi
1.     Faktor- faktor keberhasilan komunikasi
    keberhasilan  dalam proses komunikasi sanagt dipengaruhi oleh kecakapan komunikator. dalam pelaksanaan pengiriman dan komunikan dalam penerimaan berita dan pesan. faktor-faktor penunjang keberhasilan komunikasi, yaitu sebagai berikut:
a.    faktor penunjang keberhasilan komunikasi dilihat dari sudut komunikator adalah:
1)   kecakapan komunikator
seorang komunikator dapat menguasai cara-cara menyampaikan ide/gagasan/pikiran baik secara lisan atau tertulis, pandai memilih laambang-lambang komunikasi yang akan digunakan, cakap dalam memmbangkitkan minat dan mampu menatik perhatian komunikan.
2)   sikap komunikator
seoarng komunikator dalam menyampaikan informasi harus tegas, terbuka, simpatik, dan rendah hati untuk membangkitkan kepercayaan dari komunikan
3)   pengetahuan komunikator yang mempunyai wawasan atau pengetahuan yang luas akaan lebih mudah dalam menyampaikan ide/gagasan/pikirannya kepada komunikan.
4)   keadaan fisik komunikator
seorang komunikator yang memiliki suara yang jelas, tidak gagap dan mantap dalam menyampaikan informasi akan lebih mudah dipahami oleh komunikan.
5)   sistem sosial
seorang komunikan harus mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi masyarakat dimanapun dia berbicara. dengan demikian, komunikator akan mampu memahami dengan siapa dia berbicara dan bagimana kebiasaannya.
b.     Faktor penunjang keberhasilan dilihat dari sudut komunikan
1)    kecakapan komunikan
seorang komuniakn harus mempunyai kecakapan dalam mendengarkan, memahami dan menaggapi pembicaraan agar tujuan komunikasi dapat dicapai
2)   sikap komunikan
seorang komunikan harus memiliki sikap perhatian dan simpatik dalam mendengarkan informasi dari komunikator
3)   pengetahuan komunikan
komunikan yang memiliki  wawasan dan pengetahuan  yang luas akan lebih cepat mengerti dan memahami informasi yang disampaikan oleh komunikator
4)   keadaan fisik komunikan
keadaan fisik komunikan akan mempengaruhi kelancaran dan penerimaan informasi serperti kondisi pendengaran, penglihatan atau indra lainnya.
5)   sistem sosial
komunikan harus memahami dengan siapa dia berbicara ( pimpinan, rekan kerja, atau orang lainnya), memahami materi apa yang dibicarakan serta mampu menyesuaikan diri dengan komunikator

Menurut Scoot M. Cutlip, Allen H. Center dan Glen M Broom dalam buku Effectif Public Relations, dijelaskan komunikasi dapat berlangsung secara efektif dengan memperhatikan tujuh faktor komunikasi ( The Seven C’s of Communicatoin) yaitu sebagai berikut:
1.    kepercayaan ( Credibility)
dalam kegiatan komunikasi, antara komunikator dan komunikan harus saling percaya untuk mendapatkan satu pengertian
2.    perhubungan/pertalian ( context)
keberhasilan proses komunikasi berhubungan erat dengan situasi dan kondisi lingkungan pada saat komunikasi berlangsung
3.    kepuasan ( Content)
komunikasi harus dapat menimbulkan kepuasan bagi kedua belah pihak, baik pihak komunkator maupun komunikan. kepausan ini akan tercapai apabila isi berita dapat dimengerti oleh pihak komunikan, dan sebaliknya pihak komunikan bersedia memberikan reaksi atau respon/tanggapan kepada pihak komunikator
4.    Kejelasan ( Clarity)
proses komunikasi harus mengandung kejelasan yang meliputi kejelasan isi berita, kejelasan tujuan yang hendak dicapai, dan kejelasan istilah-istilah yang digunakan dalam menggunakan lambang-lambang.
5.    Kesinambungan dan konsiistensi ( Continuity and consistency)
proses komunikasi harus dilakukan secara terus menerus, dan informasi yang disampaikan tidak boleh bertentangan dengan informasi terdahulu ( konsisten)
6.    kemampuan pihak penerima berita ( capaciity of audience)
pengirim berita atau pesan harus disesuaikan dengan kemampuan dan pengetahuan pihak komunikan, hindari penggunaan istilah-istilah yang tidak dimengerti oleh komunikan.
7.    saluran pengiriman berita ( channels of distribution)
untuk saluran komunikasi dapat digunakan media yang sudah dikenal oleh umum agar proses komunikasi berhasil. misalnya melalui media cetak ( seperti buletin, majalah dan koran) atau melalui media ellektronik ( seperti radio, televisi atau telepon)

2.     Faktor- faktor  Penghambat  keberhasilan komunikasi
faktor-faktor yang dapat menghambat proses komunikasi sebagai berikut:
a.     kurang cakap
komunikator yang kurang cakap menyampaikan pesan atau komunikan yang kurang cakap dalam mendengarkan pesan yang disampaikan oleh komunikator akan menghambat proses komunikasi.
cara mengatasinya adalah komunikator harus banyak belajar dan berlatih untuk berbicara serta menulis, baik secara teori maupun praktik. seorang komunikan juga harus belajar mendengarkan dan memahami apa yang akan disampaikan oleh komunikator
b.    sikap yang kurang tepat
  sikap komunikator dan komunikan yang kurang baik seperti meremehkan lawan bicara, kurang simpatik dan kurang memperhatikan lawan bicara akan menghambat proses komunikasi.
cara  mengatasinya adalah antara komunikator  dan komunikan harus dapat  terjalin sikap yang kooperatif, simpatik, dan penuh perhatian sehingga tujuan proses komunikasi dapat tercapai.
c.      kurang pengetahuan
  komunikator yang kurang pengetahuan dalam menyampaikan pesan akan terlihat  tidak menguasai materi  pembicaraan. begitu pula komunikan kurang memeiliki pengetahuan akan sulit menerima informasi dari komunikator, sehingga akan menghambat proses komunikasi
  cara mengatasinya adalah komunikator dalam menyamapikan informasi harus disesuaikan dengan pengetahuan komunikan, sehingga komunikan mengerti apa yang disampaikan oleh komunikator
d.      kurang memahami sistem sosial
komunikator dan komunikan yang kurang memahami sistem sosial, baik secara formal maupun informal dapat menghambat proses komunikais. untuk mengatasinya kedua belah pihak harus memahami kebiasaaan lawan biacara dan menyesuaikan diri
e.      Prasangka yang tidak beralasan
       komunikator yang bersikap curiga kepada komunikan atau sebaliknya, akan menghambat kelancaran proses komunikasi.
       cara  mengatasinya  adalah tumbuhkan sikap saling percaya antara komunikator dan komunikan
f.       kesalahan bahasa/semantik
penggunaan bahasa yang memiliki arti ganda akan menimbulkan penafsiran yang berbeda antara komunikator dan komunikan, sehingga terjadi kesalahapahaman yang dapat menghambat proses komunikasi.
cara mengatasinya, adalah pergunaka istilah bahasa yang tidak memiliki arti ganda
g.      jarak fisik
   komunikator dan komunikan yang terpisahkan oleh jarak yang berjauhan,  misalnya antarkota atau antar negara, akan mengakibatkan komunikasi menjadi tidak lancar dan efisien.
  cara mengatasinya, yaitu dengan menggunakan media komunikasi seperti telepon, faxmili atau e-mail
h.       Indra yang rusak
        komunikator atau komunikan yang memiliki indra yang tidak sehat dapat
        menghambat proses komunikasi.
i.        verbalitas
   komunikasi yang hanya berupa kata-kata saja akan sangat membosankan dan dapat mengaburkan isi serta tujuan komunikasi.
  cara mengatasinya adalah dengan menggunakan alat peraga seperti seperti chart/bagan/gambar atau media LCD proyektor
j.       komunikator satu arah
komunikator yang berbicara terus dari awal samapi akhir dan tidak memberikan kesempatan untuk bertanya kepada komunikan, tidak akan tahu apakah tujuan komunikasi sudah tercapai atau blum.
cara mengatasinya adalah libatkan komunikan dalam proses komunikasi sehingga terjadi timbal balik dalam proses komunikasi
k.      Latar belakang
Latar belakang yang berbeda antara komunikator dan komunikan, baik dari segi pendidikan status sosial, hobi atau lainnya, akan mengakibatkan komunikasi tidak lancar.


   
Latihan Soal
1.           langkah-langkah pertukaran informasi/pesan dari komunikator kepada komunikans dengan menggunakan media dalam mencapai satu pengertian
         adalah...
A.              komunikator
B.               proses komunikasi
C.              respon
D.              komunikasi
E.               komunikan
2.           komunikator membuat atau menyusun sandi-sandi   untuk menyatakan maksud dalam bentuk kata-kata atau lambang-lambang (gambar, gerakan, warna, bahasa sandi, atau tulisan) sebagai pesan. proses ini disebut...
A.              encoding
B.               decoding
C.              lambang-lambang
D.              komunikan
E.               komunikasi
3.           komunikasi menguraikan atau menafsirkan lambang-lambang ( decoding) yang dikirimkan oleh komunikator sehingga mempunyai makna atau arti
A.              encoding
B.               decoding
C.              lambang-lambang
D.              komunikan
E.               komunikasi
4.           komunikasi memberi respon/tanggapan terhadap informasi yang diberikan oleh kamunikator dapat menganalisis apakah pesan yang disampaikan sesuai dengan apa yang dimaksud oleh komunikator, karena dalam proses komunikasi dapat terjadi hambatan-hambatan
A.           sender
B.            encoding
C.           decoding
D.           feedback
E.            noise
5.           komunikasi yang berlangsung dari satu pihak saja, yaitu  hanya dari pihak komunikator ( pengirim pesan) saja, dengan tidak memberi kesempatan kepada komunikan ( penerima pesan) untuk memberikan respon /tanggapan.
A.   komunikator
B.    komunikasi
C.   komunikasi satu arah
D.   komunikasi dua arah
E.    komunikasi segala arah
6.           kelebihan komunikasi satu arah adalah...
A.        memberikan kepuasan kepada komunikator, karena pihak komunikan tidak ada kesempatan untuk memberikan reaksi atau tanggapan atas apa yang disamapikan oleh komunikator.
B.        tidak memberikan kepuasan kepada komunikan, karena komunikan tidak mempunyai kesempatan untuk memberikan tanggapan atau reaksi
C.        memberikan kesan otoriter kepada komunikator
D.        dapat menimbulkan kesalahpahaman dan ketidakjelasan, sehingga dapat menimbulkan prasangka yang tidak baik.
E.        membosankan
7.           komunikasi vertikal, horizontal dan diagonal termasuk dalam...
A.   komunikasi satu arah
B.    komunikasi dua arah
C.   komunikasi segala arah
D.   komunikasi informal
E.    komunikasi formal
8.           komunikasi yang berlangsung  antara komunikator dan komunikan yang mempunyai tingkat, kedudukan dan wewenang yang sama. contoh komunikasi antar karyawan yang berada pada satu level atau satu tingkat.
A.   komunikasi digital
B.    komunikasi vertikal
C.   komunikasi hariozontal
D.   komunikasi diagonal
E.    komunikasi formal
9.           komunikasi yang berlangsung antara komunikator dan komunikan yang tingkat,kedudukan, bagian serta wewenangnya tidak sama. contoh manajer  pemasaran berdiskusi tentang perancangan iklan produk dengan staf humas perusahaan
A.      komunikasi digital
B.       komunikasi vertikal
C.      komunikasi hariozontal
D.      komunikasi diagonal
E.       komunikasi segala arah
10.        proses komunikasi harus dilakukan terus menerus dan informasi yang disampaikan tidak boleh bertentangan dengan informasi terdahulu. Pernyataan ini merupakan salah satu faktor komunikasi berupa....
A.   kesinambungan dan konsisten
B.    kepuasan
C.   kepercayaan
D.   perhubungan/ pertalian
E.    kejelasan
11.        salah satu faktor penunjang keberhasilan komunikasi dilihat dari sudut komunikator adalah...
A.   jarak fisik
B.    verbalistis
C.   kesalahan semantik
D.   latar belakang
E.    pengetahuan komunikator
12.        komunikasi yang terjadi diantara para anggota organisasi yang secara tegas telah direncanakan dan ditentukan baik dalam struktur organisasi maupun dalam ketentuan-ketentuan peraturan disebut...
A.   horizontal
B.    vertikal
C.   formal
D.   informal
E.    diagonal
13.        dalam kegiatan komunikasi, antara komunikator dan komunikan harus ada rasa saling percaya untuk mendapatkan satu pengertian. hal ini disebut...
A.   credibility
B.    context
C.   content
D.   clarity
E.    continuty
14.        pengirim berita atau pesan harus disesuaikan dengan kemampuan dan pengetahuan pihak komunikan disebut
A.   credibility
B.    capacity of audience
C.   content
D.   clarity
E.    continuty
15.            komunikasi yang hanya berupa kata-kata saja akan sangat membosankan dan dapat mengaburkan isi serta tujuan komunikasi
A.   jarak fisik
B.    verbalistis
C.   kesalahan semantik
D.   latar belakang
E.    pengetahuan komunikator
16.            proses komunikasi harus mengandung kejelasan yang meliputi kejelasan isi berita, kejelasan tujuan yang hendak dicapai, dan kejelasan istilah-istilah yang digunakan dalam menggunakan lambang-lambang
A.   credibility
B.    capacity of audience
C.   content
D.   clarity
E.    continuty
17.            yang bukan merupakan penghambat keberhasilan komunikasi
A.   kurang cakap
B.    kurang pengetahuan
C.   kurang pendengaran
D.   bahasa yang dimengerti
E.    verbalitas
18.            keberhasilan proses komunikasi berhubungan erat dengan situasi dan kondisi lingkungan pada saat komunikasi berlangsung
A.   credibility
B.    capacity of audience
C.   content
D.   clarity
E.    continuty
19.            orang menyampaikan pesan...
A.   komunikasi
B.    komunikan
C.   komunikator
D.   umpan balik
E.    media
20.            untuk saluran komunikasi dapat digunakan media yang sudah dikenal oleh umum agar proses komunikasi berhasil. misalnya melalui media cetak ( seperti buletin, majalah dan koran) atau melalui media ellektronik ( seperti radio, televisi atau telepon)
A.   credibility
B.    capacity of audience
C.   content
D.   clarity
E.    channels of distribution
II essay
1.    apa yang dimaksud dengan proses komunikas
2.    buatlah bagan dari langkah-langkah dalam proses komunikasi dan jelaskan fungsinya masing-masing
3.    jelaskan pengertian, kelebihan dan keburukan dari:
a.    komunikasi satu arah
b.    komunikasi dua arah
c.    komunikasi segala arah
4.    jelaskan keberhasilan komunikasi dilihat dari sudut komunikator dan komunikan
5.    jelaskan faktor penghambat dari keberhasilan komunikasi






                                                                                                              
                                                                                                                 


                                                                                                                                                                                                                                                                  







Tidak ada komentar:

Posting Komentar