Kegiatan Pembelajaran 2
Analisa
dan Riset Pasar
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari
materi ini siswa mampu:
1. Memaparkan
analisis pasar, riset pasar dan pemasaran sesuai kebutuhan setempat dengan
teliti dan jujur
2. Merencanakan
riset pasar sesuai kebutuhan setempat dengan tanggung jawab
3. Mendesain
riset pasar sesuai kebutuhan setempat dengan kreatif
B.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. siswa
memahami tentang analisa pasar, riset pasar dan pemasaran
2. siswa
membuat perencanaan dan mendesain analisa dan riset pasar secara sederhana
sesuai kebutuhan setempat.
C.
Uraian
Materi
Untuk
memahami materi analisa riset pasar, saudara harus memahami dulu tentang
analisa. Analisa sebenarnya sangat melekat pada kegiatan kita sehari-hari, baik
dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Kegiatan menganalisa yang
sederhana dan sering saudara lakukan salah satu contohnya adalah mencermati
atau mengamati perilaku atau kebiasaan siswa dalam menggunakan produk, dan
lain-lain. Dalam pengamatan tersebut saudara akan mencari unsur-unsur apa yang
menyebabkan siswa menggunakan produk tersebut untuk dikaji lebih lanjut.
Setelah mengkaji tentu saudara akan melakukan riset bukan? Mengapa saudara melakukan riset?
Apakah
menurut saudara analisa dan riset itu berbeda?
1.
Pengertian
Analisa Pasar

Gambar 1 - Analisa Pasar
Sumber :
https://www.google.co.id/search?q=analisa+pasar
Pada
dasarnya, analisa pasar dilakukan untuk mengetahui seberapa besar potensi pasar
yang bisa dimanfaatkan oleh pemasar
untuk mendapatkan keuntungan. Dengan bahasa yang lebih sederhana, fokus
utama analisa ini adalah pasar dan peluang. Setiap pasar mempunyai peluang
tersendiri dan peluang itu bisa bermanfaat hanya jika dimanfaatkan sebaik
mungkin.
Sebagian
besar pemasar pasti selalu tertarik dengan suatu konsep bisnis yang menawarkan
peluang yang sangat besar. Namun, peluang tersebut tidak bisa dilihat sekilas
karena peluang adalah sesuatu yang abstrak. Hanya dengan melakukan analisa yang
komprehensif, pemasar bisa menemukan peluang
atau potensi tertentu dari suatu bisnis.
Analisa
pasar dilakukan untuk menemukan peluang bisnis dan potensi yang bisa
dimanfaatkan. Besarnya potensi tersebut bisa diukur dengan berbagai faktor,
terutama keberterimaan suatu produk atau jasa di wilayah tertentu. Bisnis bisa
berjalan selama masih ada konsumen yang mau membeli produk atau jasa tertentu
untuk memenuhi kebutuhan mereka. Produk atau jasa keuangan disediakan oleh
pebisnis untuk memenuhi kebutuhan ini. Analisa pasar adalah faktor paling
penting yang tidak boleh dilewatkan sebelum melakukan usaha tertentu. Hasil
dari analisa tersebut akan sangat berguna untuk mengetahui seberapa besar
potensi bisnis yang ada dan berapa lama suatu bisnis bisa bertahan.
Potensi
ditentukan dari berbagai faktor seperti jumlah konsumen yang mungkin berminat
terhadap produk atau jasa keuangan tertentu, gaya hidup, dan kebutuhan mereka.
Daerah dengan kepadatan penduduk yang sangat banyak mempunyai potensi bisnis
yang luar biasa. Kota-kota besar selalu menjadi tempat yang ramai karena adanya
perputaran uang yang terus berjalan setiap hari. Selain itu, pemasar bisa
memanfaatkan peluang yang besar ini untuk menawarkan produk atau jasa, tetapi
mereka harus siap menghadapi persaingan pasar yang cukup ketat.
Analisis pasar
adalah suatu penganalisasisan atau penyelenggaran untuk mempelajari berbagai
masalah pasar. Analisis pasar akan menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar,
sifatnya pasar dan karakteristik pasar. Keberhasilan usaha perusahaan dapat
ditentukan oleh ketepatan strategi pemasaran yang di terapkannya dengan dasar
memeperhatikan situasi dan kondisi dari analisis pasarnya. Di dalam mengnalisis
pasar, perusahaan perlu meninjau jenis pasar produknya, motif dan perilaku,
segmen pasar dan penentu sasaran pasarnya. Masalah yang perlu dianalisis
di dalam pasar adalah besarnya pasar, ruang lingkup pasar, struktur pasar,
share pasar, serta peluang-peluang pasar. Megenai besarnya pasar dapat di
tentukan oleh besarnya permintaan dan penawaran terhadap barang atau jasa yang
di butuhkan para konsumen. Sedangkan mengenai ruang lingkup pasar, biasanya
mencakup luasnya pasar, misalnya luas pasar menurut geografis, pendidikan para
konsumen, profesi para konsumen, tingkat umur para konsumen, dan lain
sebagainya.
Struktur
pasar adalah susunan suatu kekuatan yang terdapat pada penjual, maupun pada
pihak pembeli sendiri. Di dalam analisis pasar selalu menyangkut masalah letak
(lokasi) pasar, periklanan, luasnya pasar, sifat-sifat pasar, dan karakteristik
pasar.
Tujuan analisis pasar , yaitu :
1) Mengenal lingkungan
pasar,
2) Mengenal tipe-tipe
pasar,
3) Mengetahui
karakteristik pasar,
4) Menentukan keputusan
yang tepat,
5) Menghadapi para
pesaing,
6) Melaksanakan kebijakan
dalam pemasaran,
7) Membuat program dalam
bidang pemasaran, dan
8) Mengenal cirri-ciri
pasar.
Adapun permasalahan di dalam ruang lingkup analisis pasar
antara lain, yaitu :
1. Barang dan jasa
yang di pasarkan
Barang-barang
dan jasa yang di produksi oleh perusahaan, berdasarkan analisis pasar yaitu:
a. jenis dan sifat barang,
b. kuantitas dan
kualitas barang,
c. warna dan ukuran
barang,
d. desain dan model
barang,
e. merek dan harga
barang,
f. barang-barang
industri dan konsumsi.
2. Tujuan analisis
Tujuan
mengadakan analisis pasar adalah ingin mengetahui siapa-siapa yang memakai,
menggunakan barang dan jasa, apakah barang tersebut untuk di konsumsi sendiri
atau di jual kembali.
3. Letak pasar, sifat dan karakteristik pasar
Seorang
manajer pemasaran harus mengetahui tentang letak pasar, berikut sifat dan
karakteristik yang akan di tuju. Dalam hal ini, agar manajer memudahkan
melaksanakan target market, market strategi dan segmentasi pasar.
4. Organisasi
pembelian
Seorang
manajer pemasaran harus mengetahui siapa yang membeli barang, siapa yang
menggunakan barang, siapa yang paling berpengaruh di dalam pembelian barang dan
lain sebagainya.
5. Kegiatan pembelian
Di
dalam kegiatan pembelian, meliputi dari saiap pembelian barang di lakukan, di
mana pembelian barang di lakukan, bilamana pembelian barang di lakukan, berapa
harganya baranga, berapa banyaknya barang yang di beli, bagaiman persyaratan di
dalamn pembelian barang, dan bagaimana cara pembeliannya.
6. Perkembangan pembelian
Di
dalm analisis pasar, perusahaan harus mengetahui bagaimana perkembangan harganya
barang, bagaimana persedianya barang, bagaimana keadaan persainganya, bagaimana
keadaan permintaan dan penawarannya.
7. Saingan perusahaan
Di
dalam analisis pasar, perusahaan harus mengetahui keadaan persainganya, apakah
ada melakukan tindakanb mengejutkan atau adakah saingan yang tidak sehat.
Pada
kenyataanya jika hasil produk tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para
konsumen, berarti perusahaan yang bersangkutan mengalami kegagalan di dalam
usahanya. Barang-barang yang di hasilakn oleh perusahaan, bermanfaat dan
berfungsi tidaknya di tentukan dan dim putuskan oleh para konsumen atau para
pembeli. Berhasil tidaknya barang yang di buat oleh perusahaan, di tentukan
oleh penilaian para konsumen atau para pembeli yang memebutuhkannya.
Suatu
barang betapapun bermanfaat atau berguna, ada kemungkinan tidak akan di beli
jika barang tersebut tifak di kenal oleh para konsumen. Oleh Karena itu
perusahaan harus cepat mempromosikan barang-barang yang di buatnya agar dapat
mempengaruhi para konsumen, serta agar dapat menciptakan permintaan.
Berdasarkan analisis mrnggiatkan penjualan barang, cara terbaik memperkenalkan
barang-barang yang di buat oleh perusahaan adalah melalui jalur promosi dan
pelaksanaanya di mulai melalui pemasangan iklan, pemasangan iklan dapat di
lakukan melalui surat kabar, majalah, TV, radio, pamerandan lain sebagainya.
Dengan menggiatkan penbjualan barang melalui promosi, di harapkan perusahaan
yang bersangkutan dapat meningkatkan penjualan harganya, serta dapat meningkatkan
omzet penjualanya.
Keuntungan
perusahaan melaksanakan analisis di dalam rangka menggiatkan penjualan
barang-barangnya adalah sebagai berikut :
a. Perusahaan akan
dapat meningkatkan omzet penjualan barangnya.
b. Perusahaan akan
memperoleh keuntungan yang di harapkanya.
c. Perusahaan dapat
meningkatkan produksinya.
d. Efisiensi modal
perusahaan dapat di tingkatkan.
e. Piutang-piutang
perusahaan waktunya dapat di perpendek.
f. Barang-barang
perusahaan yang bersangkutan akan menjadi terkenal.
g. Hasil produksi
perusahaan yang bersangkutan sangat di gemari konsumen.
h. Perusahaan akan
mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Tingkat
frekuensi para konsumen atau para pembeli di dalam membeli suatu barang di
tandai dengan sering tidaknya membeli barang dan tergantung kepada tingkat
konsumsinya barang tersebut.
sedangkan
faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi dalam pembelian
barang-barang adalah :
1.
Faktor umur konsumen,
2.
Faktor pendidikan konsumen,
3.
Faktor selera konsumen,
4.
Faktor pendapatan konsumen,
5.
Faktor agama konsumen,
6.
Faktor budaya konsumen,
7.
Faktor banyaknya keluarga,
2.
Pengertian
Riset
Pernahkah
Saudara berpikir bagaimana sebuah produk baru diciptakan? Bagaimana produsen
mendapatkan ide untuk menciptakan produk tersebut?
Apakah
setelah diluncurkan di pasar produk tersebut disukai oleh konsumen?
Pertanyaan-pertanyaan
tersebut merupakan pertanyaan yang sering muncul bagi seorang pemasar. Dalam
konsep pemasaran modern, konsumen merupakan sentral utama dimana produk yang
dipasarkan oleh produsen tidak serta merta akan diterima dan dibeli oleh
konsumen. Konsumen dalam konsep pemasaran modern adalah kelompok yang pintar.
Konsumen hanya akan membeli produk yang sesuai dengan keinginan mereka dan
produsen yang menang dalam kompetisi adalah yang mampu memberikan apa yang
konsumen inginkan. Untuk membuat keputusan produk apa yang akan dijual di
pasar, seorang pemasar terlebih dahulu harus memahami keinginan konsumen. Memahami dan menciptakan produk yang laku
dijual memang bukan pekerjaan yang mudah. Di dunia usaha yang semakin
kompetitif saat ini produsen bahkan perlu waktu bertahun-tahun untuk
menciptakan produk yang tepat. Melalui riset pasar mereka berupaya mengumpulkan
informasi yang lengkap mengenai target konsumen dan apa yang diinginkan oleh
konsumen. Informasi yang tepat dan akurat diperlukan untuk mengambil sebuah
keputusan jangka pendek maupun jangka panjang. Tidak dipungkiri bahwa riset
pasar memerlukan perencanaan, biaya, waktu dan ketekunan serta keahlian.
3.
Pengertian
Pasar
pasar
merupakan hal yang tidak asing bagi siapapun. Namun sbelum memahami anailsa dan
riset pasar, sebaiknya peserta diklat memahami hakekat pemasaran terlebih
dahulu.
a.
Pentingnya
Pemasaran
Keberhasilan
perusahaan mencapai tujuan dan sasaran perusahaan sangat di pengaruhi oleh
kemampuan perusahaan dalam memasarkan barang atau jasa kepada konsumen melalui
pasar. Pemasaran (marketing) merupakan proses penciptaan dan penyampaian barang
dan jasa yang diinginkan kepada pelanggan dan meliputi keinginan yang berkaitan
dengan memenangkan dan mempertahankan pelanggan setia. "Rahasia"
kesuksesan pemasaran terletak kepada kemampuan memahami apa kebutuhan,
permintaan, keinginan dan menyediakan layanan pelanggan, kenyamanan dan nilai
agar mereka mau kembali lagi.
b.
Ruang
Lingkup Pemasaran
(1) Pengertian
Pemasaran
Pemasaran
dalam bahasa inggris adalah marketing. Kata marketing sebenarnya sudah diserap
kedalam bahasa indonesia, namun masih diterjemahkan dengan istilah pemasaran.
Asal kata pemasaran adalah pasar = market. Apa yang dipasarkan, tidak lain
barang dan jasa. Memasarkan barang dan jasa tidak berarti hanya hanya
menawarkan barang atau menjual, tetapi lebih luas dari itu. selanjutnya ada
baiknya kita memahami dan mengenali beberapa pengertian marketing menurut
beberapa ahli :
•
Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah
kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui
proses pertukaran.
•
Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem
keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
•
Maynard and Beckman dalam buku buchari alma
(2014:1) marketing berarti segala usaha yang meliputi penyaluran barang dan
jasa.
(2) Unsur-unsur
pokok dalam pemasaran
•
Pemasar
Adalah
organisasi perusahaan atau perorangan yang
mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya. Tujuan pemasar
tersebut misalnya keuntungan, survive, pangsa pasar, kesetiaan pelanggan, kesejahteraan
dan sebagainya yang harus dipenuhi.
Pemasar mempunyai kapasitas
(
sumberdaya, teknologi, dan manajemen ) tertentu yang mampu memproduksi barang
dan jasa sebagai pemenuhan permintaan pasar.Pemasar terdiri dari:
Ø Produsen
(umumnya berorientasi terhadap keuntungan)
Ø Organisasi
(belum tentu berorientasi terhadap keuntungan)
Ø Pemerintah
(berorientasi terhadap kesejahteraan umum)
•
Barang dan Jasa
1. Barang
adalah benda-benda yang berwujud, yang digunakan masyarakat untuk memenuhi
kebutuhannya atau untuk menghasilkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan
masyarakat.
|
||
2. Jasa
adalah suatu barang yang tidak berwujud, tetapi dapat memberikan kepuasan dan
memenuhi kebutuhan masyarakat.
|
||
c.
Konsep
Inti Pemasaran
1.
produk dan jasa
2. nilai
kepuasan dan mutu
3. pertukaran,
transaksi dan hubungan
4. pasar
5.
kebutuhan, keinginan dan permintaan

Gambar 2 - Konsep Inti Pemasaran
Sumber :
:https://www.google.co.id/search?q=konsep+inti+pemasaran
4.
Riset
Pasar dan Pemasaran
a.
Riset
Pasar
Dalam
dunia bisnis, tema pemasaran memang tidak pernah kehabisan bahan, selalu
menarik untuk didiskusikan. Tak jarang para pelaku usaha, menempatkan perhatian
khusus dalam masalah ini, dan harus berpikir keras untuk merencanakan berbagai
hal dengan baik agar dapat mendukung kemajuan bisnisnya.
Berangkat
dari hasil riset ini pula kita
menentukan strategi pemasaran, yang kemudian kita bangun potitioning-nya
atau lebih kita kenal sebagai branding (Brand Building), dan kemudian disusul
oleh rencana pemasaran lainnya. Berikut ini beberapa cara yang umum dilakukan
dalam riset pasar :
1) Lakukan
survey pasar
Saudara
bisa mengetahui kondisi pasar dengan cara membuat survey, melalui angket,
kuesioner atau wawancara langsung pada masyarakat. Dari kegiatan tersebut
Saudara bisa mengetahui minat dan kebutuhan konsumen, yang telah diwakili dari
hasil survey yang didapatkan di lapangan. Semakin luas jangkauan masyarakat
yang Saudara survey, maka semakin valid pula hasil yang diperoleh.
2) Amati
perkembangan pasar
Saudara
bisa melakukan riset dengan mengamati perkembangan pasar yang ada saat ini.
Amati trend yang sedang banyak dicari masyarakat, dan amati pula produk-produk
yang sudah ada di pasaran. Hasil pengamatan bisa Saudara jadikan sebagai bahan
pertimbangan, sebelum akhirnya melemparkan sebuah produk ke pasaran.
3) Lakukan
uji coba riset pasar
Sebelum
memasarkan produk baru, sebaiknya lakukan uji coba pasar di beberapa lokasi
usaha, untuk mengetahui tanggapan pasar. Misalnya saja dengan menitipkan produk
Saudara di toko-toko atau warung yang ada di sekitar Saudara, dengan demikian
Saudara bisa mengetahui respon pasar untuk menyempurnakan produk Saudara
sebelum ditawarkan ke pasaran yang lebih luas.
4) Perhatikan
tingkat persaingan pasar
Sebelum
memasarkan produk, sebaiknya Saudara mengetahui tingkat persaingan yang ada di
pasaran. Tawarkan inovasi baru untuk memasuki pasar yang sudah dipenuhi para
pesaing. Agar produk Saudara tidak kalah saing di tengah-tengah pasar yang
sudah ramai
b.
Pengertian Riset pemasaran
Riset pemasaran adalah kegiatan penelitian di bidang
pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah,
perumusan tujuan penelitian, pengumpulan data, pengumpulan data, pengolahan
data dan interpretasi hasil penelitian. Kesemuanya itu ditujukan untuk untuk
masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan
keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran ini dapat dipakai
untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.
Berkenaan dengan definisi yang luas mengenai riset pemasaran, American Marketing Association(AMA) memberikan definisi resmi mengenai riset pemasaran pada tahun 1987 sebagai “fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan masyarakat umum dengan pemasar melalui informasi. Informasi ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang dan masalah pemasaran; merumuskan, menyempurnakan dan mengevaluasi tindakan-tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan menyempurnakan pemahaman yang dapat membuat aktivitas pemasaran lebih efektif. Riset pemasaran menentukan informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan tersebut; merancang metode untuk pengumpulan informasi; mengelola dan mengimplementasikan proses pengumpulan data; menganalisis hasil-hasil yang diperoleh; dan mengkomunikasikan hasil temuan dan implikasinya”.
c.
Langkah proses riset pemasaran
Suatu riset pemasaran yang efektif
dibutuhkan 5 langkah agar diperoleh data yang sesuai dengan tujuan pemasaran.
Kelima langkah tersebut adalah:
1. mendefinisikan masalah dan tujuan riset.
Dalam hal ini manager pemasaran dan peneliti pemasaran untuk
mendefinisikan masalah dengan hati-hati dan menentukan tujuan dari riset
ini. Management harus mengarahkan agar jangan sampai masalah menjadi luas atau
terlalu sempit.
2. mengembangkan rencana riset. Periset
pemasaran mengharuskan pengembangan rencana yang paling efisien untuk
mengumpulkan informasi yang diperlukan. Manajer pemasaran harus mengetahui
biaya rencana riset, sumber data, pendekatan riset dan lainnya sebelum
menyetujui.
3. mengumpulkan informasi. Pada tahapan ini
umumnya merupakan tahap yang paling mahal dan paling sering terjadi kesalahan.
Olehn karena itu diperlukan ketelitian dan kesabaran untuk mendapatkan data
informasi yang akurat.
4. menganalisa informasi. Semua informasi yang
didapat perlu disaring sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari riset ini.
Perhitungan dan analisa akan data yang telah diperoleh akan menentukan langkah
yang diambil selanjutnya
5. menyajikan hasil temuan. Pada hasil temuan
yang akan disajikan sebaiknya jangan terlalu banyak angka-angka dan teknik
statistik dimana nantinya akan membingungkan para pengambil keputusan melainkan
pada hal-hal yang bermanfaat saja
6. mengetahui biaya rencana riset, sumber data,
pendekatan riset dan lainnya sebelum menyetujui.
d.
Tahapan
Riset Pemasaran :
1.
Penetapan Masalah Riset
Kemampuan
untuk melihat permasalahan dengan tepat diperlukan agar perumusan masalah jelas
dan spesifik.
2.
Penentuan Rancangan Desain Riset
Untuk
membuat desain penelitian maka diperlukan pemahaman mengenai skala penelitian
(rasio, interval, ordinal). Sedangkan perluasan skala terdiri dari skala
pembanding (paired comparison, rank order, constant sum), dan skala bukan
pembanding (likert, semantic diferensial, stapeleksploratori, deskriptif,
kausal).
3.
Pengumpulan Data
Metode
pengumpulan data antara lain melalui survei, observasi, dan eksperimen
(kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawancara, focus
grup, dan teknik proyeksi. Sedangkan data skunder bisa didapat dari bagian
internal organisasi perusahaan yang bersangkutan dan dari eksternal. Teknik
pengambilan sampel diperlukan untuk mengumpulkan data yang tidak bisa memenuhi
semua anggota populasi. Terdapat 2 metode pengambilan sampel yakni Probability
Sampling (simple random, systematic, stratified, cluster) dan Non-probability
Sampling (judgment, convenient, quota, snowball).
4.
Pengolahan Data dan Analisis Riset
Metode
Analisis Statistik secara umum terbagi menjadi dua, yakni Metode Deskriptif
(mean, modus, median, angka indeks, frekuensi, presentasi, diagram lingkaran/
batang / garis / ular), dan Metode Non-parametrik / Inferensia.
e.
Tujuan
dari riset pemasaran
tujuan riset pemasaran ialah membantu
pengambilan keputusan, peningkatan produk, dan mengurangi risiko kegagalan.
Banyak tipe riset, tapi yang dasar: primer vs sekunder dan kuantitatif vs
kualitatif.
·
Riset
sekunder:
kita
mengambil data yang sudah ada, misal dari perpustakaan dan internet. Riset
jenis ini lebih murah dan lebih cepat. Kelemahannya, kita kesulitan mencari
data dan seringkali tidak aktual sehingga tidak relevan dengan kondisi saat ini.
·
Untuk
riset primer,
kita ambil data langsung ke target riset
kita, konsumen atau responden. Kelebihan riset jenis ini ialah lebih aktual,
bisa customized, tapi lebih mahal dan memakan waktu.
·
untuk
riset kuantitatif
adalah adanya kuesioner (bentuknya
numbering) yang bersifat statistik.
·
riset
kualitatif
adalah
bisa dilakukan dengan grup diskusi, observasi, dan interview.
f.
Pentingnya
Riset Pemasaran
Kunci
keberhasilan pemasaran suatu produk adalah seberapa besar produk yang kita
hasilkan memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang merupakan target pasar
kita. Sebagai produsen kita memiliki cara psaudarang sendiri mengenai produk
kita. Sebagai customer, orang memiliki keinginan yang mungkin berbeda dengan
yang disajikan produsen. Bisa juga customer belum menyadari kebutuhannya yang
sebenarnya bisa disediakan oleh produsen tersebut.
g.
Pelaku
riset pasar dan pemasaran
Riset
pasar dan pemasaran sangat penting dilakukan dalam kegiatan bisnis. Apakah
riset pemasaran ini hanya berlaku untuk pembisnis pemula? Atau untuk pembisnis
yang sudah berlangsung ? Apakah saudara sebagai seorang guru marketing dapat
melakukan riset jika akan melakukan bisnis? Apakah menurut saudara siswa dapat
melakukan riset pasar dan pemasaran? Menurut saudara siapa saja yang dapat melakukan
riset pasar dan pemasaran?
h.
Merencanakan
Riset Pasar
Riset
pemasaran merupakan sebuah penelitian ilmiah yang sudah pasti harus
dipertanggungjawabkan secara ilmiah pula. Keilmiahan sebuah riset dapat dilihat
dari sistematika dan lsaudarasan metodologi dalam alur pengerjaannya. Untuk
menyediakan informasi yang dapat disaudaralkan, riset pemasaran menggunakan
metode yang sistematik dan obyektif. Sistematik dan obyektif mengandung arti
bahwa riset pemasaran menggunakan beberapa tahap yang merupakan kesatuan logis
sehingga hasilnya dapat diterima atau dipahami semua pihak.

Bu
Kariani seorang guru pemasaran mempunyai ide untuk bisnis on-line. Dia akan
menjual produk lokal khas daerah Kaliman Tengah. Namun dia merasa kebingunan
untuk memulai usaha tersebut. Akhirnya dia berusaha mencoba untuk menawarkan
produknya melalui media sosial. Namun, kenyataannya tidak sesuai dengan harapan
yang diinginkan, karena sudah satu bulan usaha tersebut tidak membuahkan hasil.

1. Lakukan
pengamatan pada kasus 1 !
2. Setelah
mengamati kasus 1, identifikasi masalah-masalah yang terdapat pada kasus 1 !
3. Apa
yang harus dilakukan oleh bu kariani ?
4. Diskusikan
dengan teman saudara, lalu tuliskan jawabannya pada lembar kerja yang tersedia
Latihan soal
1.
Tes Formatif 1 (Pengetahuan)
Untuk
mengukur pemahaman saudara tentang materi riset pasar dan pemasaran, saudara
wajib mengekerjakan soal-soal latihan di bawah ini !
Pilihlah
salah satu jawaban a, b, c, dan d yang dianggap paling benar !
1. Dalam
tahapan perencanaan riset pasar dan pemasaran kita dapat menggunakan metode
sekunder dan primer. Data sekunder
merupakan data.....
a. data
asli yang dikumpulkan langsung oleh periset untuk menjawab masalah risetnya
secara khusus.
b. Merancang
pertanyaan atau kuesioner yang akan ditanyakan kepada pihak yang disurvey.
Pertanyaan dalam kuesioner dapat bersifat terbuka ataupun tertutup.
c. Analisis
data dengan menguraikan cara menginterpretasikan data yang akan dianalisa
d. Data
sekunder adalah data yang telah dikumpulkan oleh pihak lain, bukan oleh periset
sendiri.
e. Data-data
2. Pembisnis
yang serius mengembangkan produknya harus memperhatikan...
a. Riset
pasar
b. Kebutuhan
konsumen
c. Segmentasi
pasar
d. Selera
konsumen
e. Konsumen
3. Bapak
Budiman seorang pengusaha kue. Dia menitipkan produknya di tokotoko atau warung yang ada di sekitar
rumahnya dan toko-toko atau warung yang juah dari tempat tinggalnya. Kegiatan
apa yang sedang dilakukan oleh Bapak Budiman?
a. Melakukan
survei pasar
b. Mengamati
tingkat persaingan pasar
c. Mengamati
perkembangan pasar
d. Melakukan
uji coba riset pasar
e. Uji
coba
4. Dari
pertanyaan no 3 mengapa Bapak Budiman melakukan kegiatan tersebut?
a. Untuk
mengetahui kondisi pasar
b. Untuk
mengetahui tanggapan pasar
c. Untuk
memasuki pasar yang sudah penuh pesaing
d. Untuk
bahan pertimbangan dalam menjual produk
e. Bahan
pertimbangan
5. Pada
dasarnya, analisa pasar dilakukan untuk mengetahui....
a. Potensi
pasar yang bisa dimanfaatkan oleh pemasar
untuk mendapatkan keuntungan
b. Potensi
pasar yang dapat dijadikan peluang untuk berbisnis
c. Potensi
pasar yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk menjual produk dalam kegiatan
bisnis
d. Potensi
pasar yang dapat dijadikan sebagai kekuatan dalam melaksanakan bisnis
e. Bisnis
6. Ibu
Ratna seorang pengusaha Spa tradisional sedang melakukan kegiatan menyebarkan
kuisioner, angket, dan melakukan wawancara secara langsung dengan konsumen.
Kegiatan apa yang sedang dilakukan oleh ibu Ratna?
a. Melakukan
pengumpulan data untuk mendapatkan informasi produk
b. Melakukan
riset pasar
c. Melakukan
survei pasar
d. Melakukan
pengumpulan data untuk mengetahui minat konsumen
e. Observasi
7. Menurut
Burn and Bush, riset pemasaran adalah proses perancangan, pengumpulan,
penganalisisan, dan pelaporan informasi, yang digunakan untuk memecahkan
masalah pemasaran secara khusus. Dari defenisi ini dapat ditarik kesimpulan
tentang riset pemasaran. Yang bukan merupakan kesimpulan riset pemasaran
adalah....
a. Terdiri
dari beberapa tahap sehingga menjadi suatu proses
b. Hasil
akhir berupa informasi
c. Ditujukan
untuk membantu pengambilan keputusan manajemen pemasaran.
d. Hasil
akhir berupa data-data
e. Hasil
8. Yang
bukan merupakan hal-hal yang perlu dilakukan oleh periset dalam menetapkan
masalah riset adalah....
a. Memperoleh
psaudarangan klien mengenai masalah yang sebenarnya terjadi
b. memperoleh
psaudarangan yang mendalam dan menyeluruh mengenai masalah yang sebenarnya
c. Mempertimbangkan
sumber dan jenis informasi yang sebenarnya dibutuhkan oleh klien
d. Mengkombinasikan
masukan informasi dari pihak klien dengan periset
e. Memperoleh
psaudarangan klien mengenai masalah yang sebenarnya terjadi dan
mempertimbangakan sumber
9. Problem
Solving Research merupakan penelitian yang bertujuan untuk membantu
menyelesaikan masalah pemasaran yang spesifik, seperti...
a. segmentation research, product
research, pricing research, promotion research, distribution research.
b. market potential research, market share
research, promotion research, distribution research.
c. segmentation research, product
research, image research, market characteristics research, sales analysis
research
d. image research, market characteristics
research, sales analysis research, , promotion research, distribution research.
e. promotion research, distribution
research.
10. Sebelum
memasarkan produk, sebaiknya Saudara mengetahui tingkat persaingan yang ada di
pasaran. Bagimana caranya?
a. Lakukan
survei pasar untuk mengetahui pesaing
b. Sebarkan
angket dan kuisioner untuk mendapatkan data tentang produk pesaing
c. Tawarkan
inovasi baru untuk memasuki pasar yang sudah dipenuhi para pesaing
d. Tawarkan
penawaran harga yang relatif murah untuk memasuki pasar yang sudah dipenuhi
para pesaing
e. Menawarkan
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSalam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui seorang ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
BalasHapusSaya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.
Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah
beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga
Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com
dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,
Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019
tolong bijak dan semoga Allah membimbing kita semua
Nama saya Budiwati Permata
Pinjaman saya adalah 800 juta
Christael Missan perusahaan investasi pinjaman
Instagram: Christabel Missan
email: Christabelloancompany@gmail.com
Nomor Whatsapp +15614916019
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapus